Foto : Jambore Sanitasi Kalimantan Tengah 2014


Jambore Sanitasi Kalimantan Tengah 2014

Jambore Duta Sanitasi tingkat Provinsi Kalteng memasuki acara puncak. Kegiatan berupa lomba karya tulis dan poster yang mengusung tema “Air Bagi Kehidupan” ini diikuti oleh tak kurang oleh 50 peserta untuk masing-masing kategori, Jumat (25/4).

Setelah melalui proses karantina selama 4 hari dan penjurian secara bertahap, pada malam puncak Sabtu (26/4) terpilih 14 finalis duta sanitasi, masing-masing 7 finalis dari lomba poster dan 7 finalis lomba karya tulis. Ke-14 finalis tersebut melakukan presentasi hasil karya mereka di hadapan para juri untuk memperebutkan tiket menuju pemilihan Duta Sanitasi tingkat Nasional. Hasil karya tulis dan poster para peserta ini langsung dinilai oleh para dewan juri yang berasal dari berbagai latar belakang dan disiplin ilmu.

Dari hasil final penjurian Duta Sanitasi Kalimantan Tengah, terpilih 6 Duta yaitu, juara 1 lomba karya tulis Sabrina Salwa Sabila dari SMP Negeri 1 Sampit, juara 2 lomba karya tulis Chika Anastasya Hartanto dari SMP Meranti Mustika Sampit, juara 3 lomba karya tulis Arifah Masruroh Lestari dari SMP Astra Agro Lestari Pangkalan Bun. Untuk juara lomba poster, juara 1 lomba poster Ahmad Rizali dari MTsN Model 1 Palangka Raya, juara 2 lomba poster Yolanda Tasya Amalia dari MTsN 1 Model Palangka Raya, juara 3 lomba poster Christin Leonard dari SMP Negeri 5 Katingan Hilir.

New Picture (12)

Dalam sambutan tertulis Gubernur Kalimantan Tengah yang dibacakan oleh ibacakan Staf Ahli bidang Ekonomi dan Pembangunan, Berlin Sawal  mengatakan “Bagi saya, anak-anakku sekalian yang ada disini merupakan juara duta-duta sanitasi Kalimantan Tengah, hanya saja kita harus menentukan Pemenang Lomba Poster dan Karya Tulis merupakan Duta Sanitasi Kalimantan Tengah Tahun 2014, yang akan mewakili Provinsi Kalimantan Tengah pada Jambore Sanitasi Tingkat Nasional di Jakarta pada Bulan Juni 2014. Saya mengucapkan selamat kepada anak-anakku sekalian yang telah dikukuhkan sebagai Duta-duta Sanitasi Kalimantan Tengah 2014 baik itu dari tingkat kabupaten dan kota”.

Kasatker Pengembangan Penyehatan Lingkungan, Permukiman DPU Kalteng Ir Irbar P Senoboa MT mengharapkan, para finalis duta sanitasi Kalteng 2014 ini, akan lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. Lebih lanjut Irbar mengaku, sangat bangga dengan semangat peserta jambore duta sanitasi 2014 ini. Meski agenda kegiatan terbilang sangat padat, peserta yang merupakan siswa-siswi setingkat SLTP dari 14 kabupaten/kota se-Kalteng tetap bersemangat.

Selama mengikuti jambore duta sanitasi ini, peserta juga mendapatkan berbagai materi tambahan seperti tarian kreasi dan drama yang mengusung tema 3R( reduce, reuse, recycle).  Kesempatan ini memberikan kesempatan untuk mengasah bakat terpendam para pelajar. (Joko Hendy H. – Randal Kalteng)

Print Berita