Foto : Pemanfaatan Pompa Balong Di Provinsi Jawa Timur


Pemanfaatan Pompa Balong Di Provinsi Jawa Timur

Jawa timur merupakan wilayah terluas di antara enam provinsi lain di Pulau Jawa, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat. Ibukota provinsi ini adalah Surabaya, kota yang memiliki luas kedua terbesar setelah Makassar, yaitu ± 47.922 km² dengan jumlah penduduk  ± 37.476.757 jiwa (sesuai dengan sensus penduduk 2010). Kota Surabaya yang memberikan kontribusi cukup besar dalam perekonomian nasional ini setiap tahunnya  mengalami permasalahan banjir, khususnya pada saat hujan yang cukup panjang, bersamaan dengan konsisi pasang air laut, salah satunya di Kecamatan Asem Rowo, dimana air hujan yang turun menyebabkan kurang lebih 49,06 Ha area ini tergenang. Drainase yang telah dibangun tidak dapat menyalurkan air hujan tampungan ke badan air penerima karena turunnya air hujan bersamaan dengan kondisi pasang air laut.

Berbagai usaha telah dilakukan oleh Pemerintah untuk mengatasi permasalahan banjir ini, salah satunya yaitu dilakukannya upaya pemasangan pompa banjir untuk mengatasi terjadinya genangan air hujan. Pada tahun 2012, Kementerian PU, melalui Satker PPLP Jawa Timur telah membangun rumah pompa, melakukan pemasangan pompa banjir, dan  beberapa sarana penunjang lainnya di Kelurahan Tambak Langon, Kec. Asem Rowo Surabaya. Pompa banjir yang terpasang sebanyak 7 unit dengan dengan kapasitas masing-masing Q = 2m3/det  yang dilengkapi dengan pompa lumpur sebanyak 2 unit dengan kapasitas Q = 0.25m3/det. Sistem pompa ini juga dilengkapi dengan pemasangan pintu air sebanyak 6 unit. Pemasangan sistem pompa ini dilaksanakan dengan pendanaan APBN sebesar Rp. 39.947.200.000 pada TA 2012.

11 31 41 2

Pemasangan pompa dan pembangunan rumah pompa dan saran lainnya di Kota Surabaya ini juga membantu menyediakan lapangan pekerjaan, yaitu melibatkan 200 orang pekerja lapangan. Pelaksanaan konstruksi sistem pompa ini selesai dilaksanakan pada akhir tahun 2012 dan mulai berfungsi pada tahun 2013. Menurut perencanaan, sistem pompa Balong akan mengurangi genangan di area Kec. Asem Rowo seluas 49,06 Ha dari catchment area seluas 14,898 km2, yang selama ini tergenang oleh air hujan dengan tinggi 30-70 cm selama ± 2-4 jam. Dengan demikian, masyarakat di Kelurahan Tambak Langin, Kec. Asem Rowo ini dapat terbebas dari permasalahan genangan (RGS).

Print Berita