Direktorat Jenderal Cipta Karya hari ini (9/12) mengadakan Forum Diskusi Percepatan Pembentukan Kelembagaan Pusat Informasi Pengembangan Permukiman dan Bangunan (PIP2B) di Hotel Golden Boutique. Acara dibuka oleh Kepala Bagian Hukum dan Perundang-Undangan yang mewakili Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya. Acara ini diadakan sebagai ajang bertukar informasi mengenai pengelolaan PIP2B Provinsi.

 

Pada kesempatan ini hadir dari Pengelola PIP2B Pusat dan daerah, Satker Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman dan Satker Penataan Bangunan dan Lingkungan yaitu sebanyak 43 orang.

 

Pada di awal kesempatan Kepala Bagian Hukum dan Perundang-Undangan yang mewakili Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya menyampaikan mengenai peran Direktorat Jenderal Cipta Karya yang menjadi tumpuan bagi institusi Pemerintah maupun Non Pemerintah termasuk masyarakat untuk mendapatkan informasi dan rujukan, baik teknis maupun non teknis berkaitan dengan penyelenggaraan pembangunan bidang ke-ciptakarya-an. Oleh kerena itu, dengan adanya PIP2B Provinsi diharapkan agar dapat menjadi pusat rujukan teknis yang mampu memberikan kemudahan akses mendapatkan informasi, konsultasi dan advokasi teknis serta dukungan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi pelaku dan pelaksana penyelenggaraan pembangunan bidang keciptakaryaan.

 

Pada kesempatan kedua diadakan diskusi panel antara Pengelola PIP2B Provinsi Jawa Tengah dan Pengelolan PIP2B DI Yogyakarta dengan dipimpin oleh Ir. Rina Farida, MT sebagai Ketua Bidang Kelembagaan dan SDM PIP2B Pusat sekaligus sebagai Kepala Subdit. Pengaturan dan Pembinaan Kelembagaan, Dit. Pengembangan Permukiman. Pada kesempatan ini disampaikan tentang pengelolaan PIP2B di kedua provinsi tersebut beserta halangannya dalam pengelolaannya.

 

Sedangkan pada sesi terakhir, diskusi panel antara Pengelola PIP2B Provinsi Jawa Barat dan Pengelolan PIP2B Sulawesi Selatan dengan dipimpin oleh Ir. Th. Sri Mulyatini Respati. Pada kesempatan ini juga disampaikan tentang pengelolaan PIP2B di kedua provinsi tersebut beserta halangannya dalam pengelolaannya.

 

Terakhir, acara ditutup oleh Ir. Dian Irawati, MT sebagai Sekretaris PIP2B Pusat dan Kepala Subdit. Pengaturan dan Pembinaan Kelembagaan, Dit. PBL yang menyampaikan kesimpulan akhir tentang hasil diskusi ini.