PechaKucha Cipta Karya #6

Tema  Innovative Program

Subtema  Water Supply Sustainability As Climate Change Adaptation

Tanggal  8 Nopember 2013

Diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan Air Minum, Pecha Kucha Cipta karya ke-6 dilaksanakan pada tanggal 8 Nopember 2013 dengan tema Water Supply Sustainability as Climate Change Adaptation.

maylenda
PenyajiRatria Anggraini
JudulKeberlanjutan Penyediaan Air Minum Sebagai Upaya Adaptasi Perubahan Iklim
Sinopsis Perubahan iklim mempengaruhi penyediaan air minum. Keterpaduan manajemen pengelolaan air minum dan air limbah dan efisiensi penggunaan air menjadi hal yang sangat penting.Efisiensi penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang wajib dilakukan. Adaptasi terhadap perubahan iklim dengan langkah-langkah kreatif menyimpan air.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiWidya
JudulKearifan Budaya Lokal dalam “Clean & Green Action Day”
Sinopsis Perubahan iklim kota mempengaruhi keberlanjutan kehidupan manusia. Clean and green action day sebagai wujudkearifan budaya lokal, satu hari dalam seminggu atau sebulan atau suatu waktu yang dimanfaatkan untuk pelestarian lingkungan dengan kegiatan bersih-bersih dan juga menanam pohon dengan cara gotong royong.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiAgus Nefo
JudulEksebisi Kota Modular Sikomo
Sinopsis Konsep Kota Modular merupakan solusi bagi pengembangan kota-kota Agropolitaan di Indonesia, karena mendorong kemandirian desa tanpa merusak lingkungan, efisiensi perencanaan dan meminimalisir keterlibatan pemerintah,mengurangi pemanasan global. KekuranganKota Modular adalah memunculkan developer dan pencari keuntungan spekulasi.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiErwin Mustika
JudulKampus PU Goes Green
Sinopsis Kementerian PU memiliki peran strategis dalam pengendalian perubahan iklim. Kontribusi nyata adalah dengan mewujudkan Kampus PU yang ramah lingkungan dengan parameter: ruang terbuka hijau, pemakaian kendaraan pribadi dan pemanfaatan gedung parkir, penyediaan air minum (air bersih), pengelolaan sampah, pengolahan limbah, peresapan air hujan, perilaku kerja pegawai
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiDani Hermansyah
JudulPanen Air
Sinopsis Perubahan iklim membawa dampak yang besar bagi lingkungan Konsep Panen Air di terapkan di karena curah hujan tinggi, hemat air, pemanfaatan air hujan, sederhana namun belum secara luas dilakukan secara luas. Panen air dengan konsep menangkap, menampung dan memanfaatkan. Menerapkan konsep panen air di Kota dan Kabupaten.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiRekyan P. Sari
JudulOur Carbon Footprint
Sinopsis Peningkatan emisi karbon akiibat aktifitas kendaraan bermotor. Sebuah renungan jejak karbon kita di lingkungan kerja. Seberapa besar jumlah karbon yang kita sumbangkan dari kegiatan sehari-hari.Tantangan yang dihadapi untuk memperkecil jejak karbon kita. Langkah-langkah konkret dalam mereduksi jejak karbon di masa mendatang.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiRogydesa
JudulInisiasi Peran Swasta (Ppp) Dalam Penyelenggaraan Bangunan Gedung
Sinopsis Kota Hijau sebagai solusi perkotaan dengan kriteria Green Planning and Design, Green Open Space, Green Community, Green Waste, Green Transportation, Green Water, Green Energy, Green Building.Inisiasi Peran Swasta (PPP) dalam penyelenggaraan bangunan gedung dengan mendorong privatisasi layanan pengkajian teknis dalam rangka SLF dan sertifikasi “green building”
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiNovi Dwi Raharjo
JudulPilot Project Green Living
Sinopsis Terjadinya Global Warming berakibat pada perubahan iklim dan berakibat rusaknya lingkungan. Pilot Project Green Living memiliki manfaat sosial dan ekonomi selain manfaat lingkungan. Identivikasi teknologi ramah lingkungan yang dapat diterapkan teknologi green building & efisiensi energi, teknologi hemat air dan teknologi sanitasi dan RTH .
Lihat Presentasi