PechaKucha Cipta Karya #4

Tema  Innovative Program

Sub Tema  Redefining Urban Livelihood

Tanggal  30 Agustus 2013

Diselenggarakan oleh Direktorat Bangkim, Pechakucha Cipta Karya #4 mengusung tema Innovative Program dengan sub tema Redefining Urban Livehood. Acara dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2013 dan bertempat di Ruang Sapta Taruna.

Berikut ini adalah para penyaji yang memeriahkan acara PechaKucha Ciptakarya #4.

maylenda
PenyajiAlvan Fuaddy Putra
JudulTRAP
Sinopsis Perubahan paradigma pengelolaan drainase perkotaan dari sistem mengalirkan secepat mungkin ke saluran drainase/badan air menjadi menahan dan meresapkan air ke badan tanah, dengan konsep TRAP: Tampung, Resapkan, Alirkan, Pelihara. Aplikasi konsep Tampung, Resapkan, Alirkan, Pelihara. Pemanfaatan TRAP dilihat pada skala persil dan skala wilayah.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiMaylinda Permata Sari
JudulCincin Emas untuk Rakyat
Sinopsis RTH yang memiliki fungsi yang baik menyebabkan tumbuhnya PKL. Membandingkan pola kegiatan usaha kecil dan usaha besar. Memberikan alternatif solusi bagi perkembangan PKL di RTH. Kunci keberhasilan program: konsistensi keberpihakan, perencanaan RTH yang baik dan totalitas perencanaan. Perlunya peran pihak swasta dalam pengembangan RTH.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiDian Harwitasari
JudulTinggal di Rumah Susun: Sebuah Pilihan
Sinopsis Menganalisis pola pemilihan hunian bagi warga kota dengan melihat faktor-faktor yang mempengaruhinya. Melihat keuntungan tinggal di rumah susun dari aspek lingkungan, ekonomi dan sosial. Melihat resiko tinggal di rumah susun seperti keterbatasan ruang, individualitas, lifestyle, kebakaran. Memberikan solusi permasalahan tinggal di rumah susun.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiAhmad Gunawan
JudulRuang Terbuka Hijau Mini
Sinopsis Melihat permasalahan, isu dan penelitian Ruang Terbuka Hijau (RTH). Mengeksplor mengenai RTH mini bagi lingkungan berbagai kota. Perencanaan dan pengelolaan kota yang menyeluruh dan berkelanjutan dengan salah satu unsurnya yaitu RTH. Melihat manfaat RTH dari aspek ekologis, ekonomis, edukatif, evaluasi, energi alternatif dan estetis.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiCut Nourhusnul Akhirina
JudulPeran Badan Usaha dan Kesadaran Masyarakat Air Minum
Sinopsis Masih rendahnya kesadaran masyarakat dan kurangnya badan usaha dalam pengelolaan SPAM menjadi kendala tersedianya SPAM di Indonesia. Beberapa insentif ditawarkan agar pihak swasta berkontribusi dalam pemenuhan SPAM dapat terpenuhi. Menawarkan beberapa ide agar seluruh elemen masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan SPAM.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiCindy Fahni M
JudulSejahtera dengan Air Minum
Sinopsis Program pembangunan air minum dapat menanggulangi kemiskinan dengan cara mengurangi biaya layanan dasar, mengurangi resiko penyebab menurunnya kondisi kesehatan masyarakat dengan cara: pemberdayaan masyarakat dan pengembangan kelembagaan lokal, pengingkatan perilaku hegienis dan palayanan sanitasi, penyediaan sarana air minum dan sanitasi umum.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiSudarwanto
JudulKampung Habitat Ala Harmonisasi Orkestra
Sinopsis Perpaduan sektor-sektor di Cipta Karya dalam mengatasi permasalahan perkotaan (sektor air minum, sektor penyehatan lingkungan permukiman, sektor pengembangan permukiman, sektor penataan bangunan lingkungan. Perpaduan sektor dalam proses program maupun pendanaan dengan didukung oleh pemangku kepentingan, swasta dan masyarakat.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiR. Indra Saputra
JudulUrban Acupuncture, Satu Langkah Kedepan Menuju Keterpaduan
Sinopsis Sebuah renungan mengenai arah perkembangan kota dimasa depan. Urban Akupunktur adalah strategi mendapatkan raga sehat yang diterapkan untuk menuju kota sehat. Urban Akupunkture terdiri dari: quik response, integrated and synergic, cost efficiency, generator, selective and critical, micro targeting, democratic and empowering tactics.
Lihat Presentasi