Selasa, 4 Oktober 2022

Direktur BPB lakukan Monev ke PLBN Serasan dan Jagoi Babang

Subdit Rentek - Kamis, 15 Sepember 2022
PLBN

Direktur Bina Penataan Bangunan (Dit. BPB) Boby Ali Azhari didampingi Perwakilan Subdit Perencanaan Teknis Penataan Bangunan, dan Perwakilan Subdit Wilayah I Direktorat Bina Penataan Bangunan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap 2 (dua) kegiatan PLBN, yaitu PLBN Serasan di Provinsi Kepulauan Riau dan PLBN Jagoi Babang di Provinsi Kalimantan Barat.

Pembangunan PLBN Terpadu Serasan, Kabupaten Natuna

Sebelum mengunjungi PLBN Serasan, Direktur Bina Penataan Bangunan Bina Penataan Bangunan bersama dengan Kepala BPPW Kepulauan Riau, Kasatker PPPW Kepulauan Riau, PPK BPB Satker PPPW Kepulauan Riau, dan tim menyediakan waktu untuk bertemu dengan Bupati Natuna, dan disampaikan oleh Bapak Bupati bahwa PLBN Serasan tidak hanya sebagai gerbang masuk namun juga menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan, sehingga keberadaannya diharapkan dapat lebih fungsional dengan adanya dukungan infrastruktur dasar seperti penambahan listrik oleh PLN dan jaringanair bersih yang sudah dikerjakan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR melalui pembangunan bendungan di Kecamatan Serasan Timur dan Kecamatan Sedanau.

Di PLBN Serasan sendiri, Direktur Bina Penataan Bangunan dan rombongan diterima oleh General Manager PT. Adhi Karya dan Project Manager PT. Adhi Karya, serta perwakilan Manajemen Konstruksi. Kegiatan konstruksi fisik Pembangunan PLBN Terpadu Serasan ini ditargetkan akan selesai pada tanggal 30 September 2022 (700 Hari Kerja). Pembangunan yang dikerjakan meliputi Bangunan Inti, Rumah Dinas, Bangunan Mes, Bangunan Penunjang, Bangunan Syahbandar, Bangunan Carwash, Bangunan Power House, Dag Dermaga, Gudang Transit, Site Development dan MEP Kawasan. Masih perlu ada penyempurnaan finishing dan pekerjaan defect, penambahan signage, pemilihan tanaman, dan test commissioning final.

Pengembangan PLBN Terpadu Jagoi Babang, Kalimantan Barat

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi di PLBN Jagoi Babang didampingi oleh Kasatker PPPW I Prov. Kalimantan Barat, PPK PBP, dan Project Manager PT. Wika Gedung. Kegiatan konstruksi fisik Pembangunan PLBN Terpadu Jagoi Babang ditargetkan selesai pada tanggal 17 Oktober 2022 (700 Hari Kerja). Bangunan yang dikerjakan meliputi Bangunan Inti, Bangunan Mess 1, Bangunan Mess 2, Bangunan Masjid, Bangunan Gereja, Bangunan Food Court, Site Development dan MEP Kawasan. Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian antara lain terkait penyediaan sarana prasarana pendukung seperti pemisahan kios basah dan kering yang harus segera dikoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat, pemilihan material dan spesifikasi dalam peribadatan dan sekitar patung Sukarno yang perlu ditindaklanjuti dengan perencana, dan perlu adanya penataan lansekap dan pembersihan kawasan.

Di dalam kunjungannya, ditekankan pula terkait serah terima aset kepada Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) untuk itu perlu diadakan rapat koordinasi dengan BNPP dan stakeholder lainnya terkait struktur organisasi yang akan menempati PLBN dan terkait serah terima aset PLBN yang akan dan sudah selesai.

Berita Terkini