Selasa, 4 Oktober 2022

Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Siap Sambut Delegasi G-20

Subdit Rentek - Kamis, 15 Sepember 2022
G20

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sedang merampungkan pembangunan terminal VVIP di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Pembangunan ini dalam rangka memberikan layanan bagi tamu negara yang akan hadir pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada bulan November 2022 mendatang.

Dalam kunjungan kerjanya, Menteri PUPR meninjau langsung pekerjaan Revitalisasi dan Pembangunan Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Sabtu (10/9/2022).

Dalam pelaksanaan konstruksi yang telah memasuki minggu ke - 26 progres fisik saat ini mencapai 99.97%.

Kegiatan konstruksi meliputi pembangunan gedung terminal VVIP baru dengan luas bangunan 1.625 m2, pos jaga 10 m2, ruang tunggu sopir 62 m2, ruang pompa 16 m2, penataan landscape seluas 2.123 m2, dan penataan hardscape seluas 1.834 m2. Pembangunan dilakukan oleh PT. Wijaya Karya selaku kontraktor pelaksana dan PT. Virama Karya sebagai konsultan supervisi.

Konsep yang digunakan dalam terminal VVIP adalah kolonial dengan campuran desain modern Bali, dengan warna putih yang dominan. Desain ini dipadukan dengan kerajinan khas Bali pada bagian interior bangunan, seperti lukisan kamasan dan ukiran astalla padma bhuana pada bagian plafond utama, ukiran Bali utara dan Singa Ambara Raja pada pintu masuk utara (Gumendung). Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, akan menjadi wajah baru dalam mendukung Presidensi G20.

Bangunan Utama Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai dilengkapi dengan ruang Hall Utama, Ruang President Suite, Ruang Press Conference, Ruang Rapat Terbatas, Ruang Paspampres, Ruang Protokoler, Ruang Smooking Area, Ruang MEP, Ruang Pantry, Public Toilet, Gudang, Tempat Wudhu dan Mushala.

Turut hadir mendampingi Menteri PUPR yaitu Staf Ahli Menteri Bidang Teknlogi Industri dan Lingkungan, Direktur Bina Penataan Bangunan, Kepala Balai PPW Bali, Kasatker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Bali. (Chris)

Berita Terkini