Selasa, 4 Oktober 2022

Rekonsiliasi Rumah Negara Golongan III Wilayah Barat Tahun 2022

subditprn - Kamis, 19 Mei 2022
Pembukaan acara Rekonsiliasi Rumah Negara Golongan III Wilayah Barat Tahun 2022 oleh Direktur Bina Penataan Bangunan, Bapak Boby Ali Azhari, S.T., M.S

Dalam rangka melaksanakan tertib administrasi dan meningkatkan kapasitas SDM terkait penatausahaan Rumah Negara Golongan III, Direktorat Jenderal Cipta Karya dalam hal ini Direktorat Bina Penataan Bangunan menyelenggarakan kegiatan Rekonsiliasi Rumah Negara Golongan III Wilayah Barat pada Rabu (11/05/2022) di Hotel Ijen Suites Resort & Convention, Malang. Acara ini mengundang 15 (lima belas) perwakilan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) dan Dinas Provinsi Wilayah Barat.

Direktur Bina Penataan Bangunan, Bapak Boby Ali Azhari, S.T., M.Sc. mewakili Direktur Jenderal Cipta Karya, dalam sambutannya melalui aplikasi Zoom menekankan untuk tetap menaati protokol kesehatan secara ketat, menerapkan social distancing, dan senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan. Bapak Direktur mengatakan pelaksanaan rekonsiliasi ini merupakan salah satu langkah untuk mencari solusi dalam penyelesaian permasalahan Rumah Negara Golongan III, beberapa contoh permasalahan yang banyak ditemui di lapangan antara lain:

1. Banyak penghuni yang sudah melewati batas waktu 20 tahun yang belum melunasi sewa beli Rumah Negara Golongan III;

2. Penghuni belum melakukan perjanjian jual beli walaupun sudah menempati lebih dari 20 tahun bahkan ada yang lebih dari 30 tahun, sementara rumah tersebut telah dihuni oleh ahli waris mereka;

3. Rumah sudah dialihkan ke pihak lain (walaupun belum ada pelepasan hak);

4. Rumah beralih fungsi dan direnovasi tanpa izin;

5. Ada PNS yang memiliki Rumah Negara Golongan III lebih dari 1 unit.

Lebih lanjut, demi menghadapi tantangan yang ada, pengelolaan Rumah Negara Golongan III memiliki kegiatan yang saling terkait yaitu Rekonsiliasi Data, Wasdal, dan Pengembangan SIRN, sehingga terwujudnya pengelolaan Rumah Negara Golongan III yang baik, efisien, tertib dan akuntabel serta sejalan dengan Core Values BerAKHLAK yang telah dicanangkan oleh pemerintah sesuai dengan Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 20 tahun 2021 tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kegiatan Rekonsiliasi Rumah Negara Golongan III Wilayah Barat dilaksanakan selama 2 (dua) hari dan merupakan rangkaian kegiatan dari rekonsiliasi sebelumnya yang berlangsung di Mataram, Lombok. Rekonsiliasi ini menghadirkan materi yang bermanfaat yang dibawakan oleh narasumber yang berkompeten. Pada hari pertama materi yang diberikan antara lain:

1. Pengelolaan Rumah Negara oleh Ibu Luciana Angelin Narua, S.T., M.P.

2. Layanan Rumah Negara Golongan III oleh Bapak Andry Marulitua, S.H., M.H.

3. Perhitungan Sewa Rumah Negara oleh Ibu Betty Helene, S.H. 

Acara dilanjutkan dengan pembagian Desk Rekonsiliasi Data Rumah Negara Golongan III. Terdapat 3 (tiga) desk yang masing-masing diisi 5-6 provinsi dan didampingi oleh panitia. Setiap desk menyampaikan progress pelayanan rumah negara tiap daerah, permasalahan-permasalahan yang terjadi serta progress tindak lanjut. Di akhir acara dilakukan penyamaan data Status Rumah Negara Golongan III antara Sistem Informasi Rumah Negara (SIRN) dan Status Rumah Negara Golongan III dengan Provinsi, dengan rincian sebagai berikut:

1. Daftar terbit SKTL tahun 2021 dan 2022 Rumah Negara Golongan III

2. Daftar status sewa, sewa beli, lunas, hak milik RNG III

3. Daftar Rumah Negara Golongan III >20 tahun

Sedangkan hari kedua dilaksanakan praktek kegiatan pengawasan dan pengendalian dengan melakukan kunjungan terhadap 5 (lima) Rumah Negara Golongan III yang ada di Kota Malang.

Berita Terkini