Jumat, 22 Oktober 2021

Kementerian PUPR Dukung Pengembangan Kapasitas RS Lapangan Bantul

AK - Kamis, 2 Sepember 2021
RS Lapangan Bantul

Bantul- Sejak awal pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta telah menyiapkan Rumah Sakit (RS) Lapangan Bantul di gedung bekas Puskesmas Bambanglipuro. RS Lapangan Bantul ini memiliki kapasitas 50 tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19 dengan kriteria OTG, ringan dan sedang. Untuk meningkatkan kapasitas dan mengoptimalkan pelayanan dalam rangka meningkatkan jumlah pasien sembuh, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya melaksanakan perbaikan sarana dan prasarana di RS Lapangan Bantul, pada awal Agustus 2021 ini.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa penanganan pasien Covid-19 khususnya di daerah merah harus mendapatkan perhatian lebih. "Sesuai dengan tugas yang diberikan oleh Pemerintah, Kementerian PUPR menyiapkan tidak hanya ruang isolasi, tetapi juga rumah sakit," kata Basuki.

Untuk wilayah DIY, ada empat RS lain yang mendapat penanganan Kementerian PUPR dalam rangka pengembangan sebagai RS Darurat Covid-19 yaitu Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) Dr. S. Hardjolukito dan RS Sardjito di Yogyakarta serta RSUD Panembahan Senopati dan RSU PKU Muhammadiyah di Bantul.

Lingkup kegiatan pengembangan RS Lapangan Bantul ini meliputi penambahan kapasitas tempat tidur pasien yang semula 50 tempat tidur menjadi 69 tempat tidur, penambahan 12 tempat tidur untuk instalasi HCU, pekerjaan partisi, kamar mandi, ducting hepafilter, serta akses nurse station.

Kasus Covid-19 di Provinsi DIY sampai dengan tanggal 26 Agustus tercatat 144.608 jumlah kasus. Dukungan pengembangan RS Darurat ini diharapkan dapat memaksimalkan penanganan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta. (*AK/bpb)

Berita Terkini