Jumat, 22 Oktober 2021

Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan Fasilitas Isolasi Covid-19 RSUD Panembahan Senopati dan RSU PKU Muhammadiyah Bantul

AK - Selasa, 31 Agustus 2021
RSU PKU Muhammadiyah Bantul

Bantul- Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah provinsi dengan persentase Rumah Sakit (RS) untuk perawatan pasien Covid-19 terendah diantara seluruh provinsi di Pulau Jawa dan Bali. Kebutuhan mendesak terhadap pemenuhan sarana dan prasarana fasilitas perawatan pasien Covid-19 ini ditindaklanjuti Kementerian PUPR melalui penambahan kapasitas serta fasilitas isolasi pasien Covid-19 di beberapa lokasi di DIY, salah satunya RSUD Panembahan Senopati dan dan RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Kedua rumah sakit ini merupakan rumah sakit rujukan Covid-19 yang terletak di Kabupaten Bantul, Provinsi DIY.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharjo mengatakan bahwa penambahan ruang ICU rumah sakit rujukan Covid-19 itu sesuai arahan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat berkunjung ke RS Lapangan Covid-19 pada bulan Juli lalu. "Rumah sakit rujukan yang juga akan dicek RSUD Panembahan Senopati Bantul, RSPAU Hardjolukito, RSUP dr Sardjito, dan PKU Muhammadiyah. Termasuk selter, rusun, dan gedung-gedung diklat milik PU karena ada 26 ribu orang yang isoman. Itu yang akan kami monitor," terang Basuki saat berkunjung ke Bantul untuk memantau pelaksanaan pengembangan RS Darurat Covid-19 di DIY, Selasa (27/7/2021).

Pengembangan RS Rujukan Covid-19 melalui penambahan kapasitas ruang ICU atau unit perawatan intensif pasien terkonfirmasi Covid-19 di RSUD Panembahan Senopati dan RSU PKU Muhammadiyah Bantul telah selesai pada awal Agustus ini. Untuk RSUD Panembahan Senopati diperuntukan untuk isolasi pasien bergejala berat, sedangkan RSU PKU Muhammadiyah Bantul untuk isolasi pasien bergejala­­­­ sedang.

Lingkup kegiatan pengembangan yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya adalah penambahan 16 bed ICU untuk pasien Covid-19 di RSUD Panembahan Senopati, dan penambahan 6 bed IGD di RSU PKU Muhammadiyah. Dukungan fasilitas kesehatan tersebut diharapkan menambah kapasitas tampung pasien Covid-19 di Kabupaten Bantul. (*AK/bpb)

 

Berita Terkini