Jumat, 22 Oktober 2021

Wakil Presiden Kunjungi Terowongan Silaturahmi Masjid Istiqlal dan Gereja Katredal

AK - Minggu, 29 Agustus 2021
Dok. KIP/Setwapres

Jakarta – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Terowongan Silaturahmi Masjid Istiqlal dan Gereja Katredal pada hari Jumat, (27/8/2021). Terowongan yang merupakan ikon toleransi antar umat beragama tersebut berfungsi memudahkan akses jamaah kedua rumah ibadah tersebut untuk memenuhi kebutuhan ruang parkir tanpa mengganggu arus lalu lintas.
 
Menteri Basuki menjelaskan, sebelum dilakukan pembangunan terdapat tiga alternatif antara jembatan, terowongan, atau opsi lain. Setelah memperhitungkan faktor keamanan dan keselamatan, desain yang dipilih adalah terowongan bawah tanah. “Ada tiga alternatif sebetulnya bisa jembatan penyeberangan, tapi kan terlalu curam, atau dengan yang lain, kita pilih terowongan yang lebih aman,” kata Basuki.

Terowongan silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katredal dibangun sejak 15 Desember 2020 direncanakan selesai pada 20 September 2021. Pembangunan dilaksanakan dengan biaya Rp37,3 miliar melalui APBN TA 2020-2021. Terowongan Silaturahmi dibangun sepanjang 28,3 meter dengan tinggi 3 meter dan lebar 4,1 meter. Lingkup pekerjaan meliputi pekerjaan struktur, pekerjaan jalan, pekerjaan arsitektur, pekerjaan mekanikal, pekerjaan elektrikal, pekerjaan elektronik, pekerjaan plumbing, dan pekerjaan landscape. Desain interior Terowongan Silaturahmi menggunakan bahan marmer dan dilengkapi dengan railing stainless sebagai simbol jabat tangan. Untuk menunjang fungsi sebagai bangunan publik, terowongan ini juga dilengkapi dengan lift difabel. (*bhima/bpb)

Berita Terkini