Sabtu, 18 Sepember 2021

Rekonsiliasi Inventarisasi BMN Berupa Rumah Negara Golongan III

subditprn - Jumat, 21 Mei 2021
Rekon BMN Berupa RNG III

Jakarta – Rekonsiliasi Inventarisasi BMN Berupa Rumah Negara TA 2021 Tahap I telah dilaksanakan pada Kamis, 20 Mei 2021 s.d Sabtu, 22 Mei 2021, Pelaksanaan Rekonsiliasi berlangsung di Hotel Mercure Tangerang dengan mengundang 16 kementerian/lembaga (K/L) yang berdasarkan data SIMAN K/L masih mencatat Rumah Negara Golongan III. Peserta yang hadir secara langsung adalah sebanyak 30 orang dan 7 orang mengikuti secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Direktorat Jenderal Cipta Karya, melalui Direktorat Bina Penataan Bangunan dalam menjalankan kegiatan rekonsiliasi tetap menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sebagai bentuk kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan selama masa Pandemi Covid-19. Sebelum memasuki ruangan, 30 peserta mengukur suhu tubuh dan menujukan hasil swab test PCR/antigen dengan hasil negatif yang berlaku < 7hari. Pelaksanaan rekonsiliasi kali ini diapreasiasi oleh Direktur Bina Penataan Bangunan (BPB) Boby Ali Azhari. karena seluruh peserta yang hadir secara tatap muka maupun melalui zoom meeting menunjukkan antusiasme yang besar. Dalam sambutan dan arahan umum, Direktur BPB juga mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menciptakan tertib hukum dan pencatatan Rumah Negara Golongan III baik di kementerian/lembaga maupun Kementerian PUPR.

 “Saya mengharapkan bahwa hasil pelaksanaan Rekonsiliasi Data ini nantinya dapat ditindaklanjuti tuntas dengan proses-proses internal Kementerian/Lembaga Ibu/Bapak sekalian antara lain koreksi, reklasifikasi atau penghapusan, maupun proses serah-terima dengan Satuan Kerja Direktorat Bina Penataan Bangunan Kementerian PUPR. Oleh karena itu, dalam hal masih diperlukan upaya bersama pasca pelaksanaan kegiatan ini, kami siap untuk membantu berkoordinasi dengan Ibu/Bapak sekalian secara intensif baik internal di Kementerian/Lembaga Ibu/Bapak maupun dengan Satuan Kerja Direktorat Bina Penataan Bangunan “, sambung Boby Ali Azhari, S.T., M.Sc. dalam menyampaikan harapannya atas pelaksanaan rekonsiliasi ini.

Dalam upaya meningkatkan kapasitas Petugas SIMAK BMN dan untuk menyamakan persepsi pengelolaan Rumah Negara, Rekonsiliasi ini menghadirkan berbagai narasumber yang kompeten di bidang terkait. Narasumber pertama adalah Luciana Angelin Narua, S.T., M.P. selaku Kepala Sub Direktorat Bangunan Gedung dan Rumah Negara, Direktorat Bina Penataan Bangunan,  dengan materi Pengelolaan Rumah Negara Golongan III. Kedua, Endratno selaku Kepala Seksi BMN III, Direktorat Barang Milik Negara, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan dengan materi Pengelolaan Barang Milik Negara Berupa Rumah Negara. Ketiga, Andry Marulitua, S.H., M.H. selaku Sub Koordinator Plt. Rumah Negara dengan materi Penatausahaan Rumah Negara Golongan III.

Dalam paparan ketiga narasumber, secara garis besar menyampaikan bahwa Satker Direkotar BPB memiliki tugas untuk menatausahakan dan menginventarisasi Rumah Negara Golongan III yang berstatus sewa, sewa beli dan hak milik, sehingga seluruh Rumah Negara Golongan III beserta dengan tanahnya harus dihapuskan dari SIMAK K/L dan dapat segera dialihkan pencatatannya kepada SIMAK Satker Direktorat BPB.

Dari kegiatan Rekonsiliasi ini akan ditindaklanjuti dengan koordinasi lebih lanjut dengan petugas SIMAK K/L dan petugas SIMAK Satker BPB untuk proses transfer barang dan penghapusan pada masing-masing K/L.

Pemaparan Materi oleh Kepala Sub Direktorat Bangunan Gedung dan Rumah Negara
Luciana Angelin Narua, S.T., M.P.

Pemaparan Materi oleh Sub Koordinator Pelaksana Tugas Pengelolaan Rumah Negara
Andry Marulitua, S.H., M.H.

Berita Terkini