Sabtu, 18 Sepember 2021

Direktorat Jenderal Cipta Karya Selenggarakan Peningkatan Kapasitas Penyelenggara Pembangunan Bangunan Gedung Negara

AK - Kamis, 6 Mei 2021
Pembukaan oleh Direktur Jenderal Cipta Karya

Jakarta – Seiring dengan peningkatan pembangunan gedung di perkotaan, Pemerintah sebagai instansi pembina melaksanakan fungsi pengaturan penyelenggaraan bangunan gedung yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

“Penyelenggaraan bangunan gedung sudah sepatutnya diarahkan agar dapat mewujudkan bangunan gedung yang fungsional, andal, efektif, efisien dalam penggunaan energi, selaras dengan lingkungannya dan tertib untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan”, tutur Diana Kusumastuti, Direktur Jenderal Cipta Karya pada acara Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraa Pembangunan Bangunan Gedung Negara, Kamis (06/05) di Jakarta.

Acara ini dihadiri oleh penyelenggara pembangunan bangunan gedung negara dari unsur Kementerian/Lembaga dan para Pengelola Teknis Pembangunan Bangunan Gedung Negara.

Peraturan-peraturan terkait pembangunan bangunan gedung negara yaitu Peraturan Presiden RI Nomor 73 Tahun 2011 tentang Pembangunan Bangunan Gedung Negara dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 22/PRT/M/2018 tentang Pembangunan Bangunan Gedung Negara saat ini telah diangkat substansinya ke dalam peraturan pelaksana bangunan gedung.

Penyelenggaraan bangunan gedung yang semakin berkembang perlu diimbangi dengan peningkatan kemampuan dan kompetensi para penyelenggaranya. Pemenuhan kompetensi Pengelola Teknis tersebut akan menentukan kualitas hasil pendampingan pembangunan Bangunan Gedung Negara kepada Kementerian/Lembaga. Oleh karena itu setiap Pengelola Teknis dituntut untuk kompeten di bidangnya dibuktikan dengan sertifikat kompetensi yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian PUPR serta selalu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan yang dimilikinya. (*AK/rentekpbl)

 

Berita Terkini