Talk Show Best Practice Pengimplementasian TABG dan SIMBG

Galih Fauzi - Sabtu, 31 Agustus 2019
Narasumber sedang memberikan paparan materi

Penyelenggaraan Bangunan Gedung melalui pemanfaatan SIMBG menjadi kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota seperti yang tertuang dalam UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemenrintahan Daerah. Hingga saat ini implementasi Peraturan Daerah Bangunan Gedung di Regional Sulawesi dari 81 kabupaten/kota sebanyak 80 kabupaten/kota telah memiliki Perda BG, sebanyak 52 kabupaten/kota telah memiliki Perbup/Perwal dan baru 16 kabupaten/kota yang telah memiliki TABG dan belum ada kabupaten/kota yang memiliki akun SIMBG.

Dalam kegiatan Pendalaman Materi IMB, SLF dan TABG dan Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) yang dilaksanakan di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, diadakan talkshow best practice terkait Pelaksanaan Tugas TABG di Kota Tangerang Selatan dan Penyelenggaraan IMB dan SLF dalam SIMBG di Kota Madiun, bertujuan agar kabupaten/kota yang belum terpenuhi implementasinya dapat mencontoh 2 kota tersebut yang dinilai berhasil dalam pengimplementasian Perda Bangunan Gedung.

Dalam sesi talkshow pertama bersama dengan Galih Reza Ardian selaku perwakilan dari Kepala Dinas Teknis Kota Tangerang Selatan, Pelaksana Seksi Penataan Bangunan Kota Tangerang Selatan  dan Pierre Albyn Pongai selaku perwakilan Tim TABG Kota Tangerang Selatan serta di moderator oleh Duty Rahmawati, menjelaskan terkait peran tugas TABG Kota Tangerang Selatan yang sangat membantu dalam pembangunan bangunan gedung di Kota Tangerang Selatan sekaligus berperan sebagai pengawal persyaratan teknis pembangunan dan pembina pelaku teknis.

Banyaknya perusahaan investor yang membuka perkantoran di Tangerang Selatan dan pembangunan apartemen - apartemen merupakan dampak dari padatnya Kota Jakarta yang mempengaruhi pembangunan Kota Tangerang Selatan. Keamanan gedung dan bangunan menjadi suatu unsur yang didorong oleh Kota Tangerang Selatan agar menjadi kota yang layak huni. Oleh karena itu tim khusus sangat diperlukan dalam menjamin keamanan gedung bangunan dalam hal ini TABG Kota Tangerang Selatan.

Galih menyampaikan bahwa TABG sangat penting perannya dalam pembangunan Kota Tangerang Selatan. Tim tersebut yang melaksanakan pengawasan, pemeriksa dan penasihat pembangunan gedung dan lingkungan, struktur kekuatan pada bangunan yang akan dibangun.

Lebih lanjut Pierre menegaskan bahwa TABG tidak hanya merupakan tim yang menyeleksi persyaratan teknis melainkan bagaimana tim tersebut mampu berkontribusi untuk pembangunan dalam membangun kota yang lebih baik.

Kemudian dilanjutkan dalam sesi talkshow kedua bersama dengan Rogydesa selaku perwakilan Direktorat Bina Penataan Bangunan, Suwarno selaku Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Kota Madiun, Harun Kusumawati selaku Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi dan Usaha Mikro Kota Madiun serta di moderator oleh Angelita Aimee, menjelaskan Penyelenggaraan IMB dan SLF dalam SIMBG.

Aplikasi SIMBG merupakan suatu perangkat / aplikasi yang digunakan bagi pemohon / perangkat daerah yang membidangi urusan perizinan dan pelayanan terpadu satu pintu serta perangkat daerah yang membidangi urusan bangunan gedung. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu membantu dinas teknis penyelenggara bangunan gedung dan dinas perizinan untuk melakukan pelayanan serta pendataan terkait penyelenggaraan bangunan gedung. Saat ini Kota Madiun merupakan salah satu kota yang selalu aktif menggunakan dan mengoperasikan aplikasi tersebut.

Surwano menyampaikan bahwa pemanfaatan SIMBG pelayanan Kota Madiun sangat efektif dalam penerbitan IMB dan SLF bangunan gedung. Kota madiun sendiri merasakan manfaat aplikasi SIMBG ini terutama pada koordinasi antar perangkat daerah terkait yang menjadi jelas.

Lebih lanjut Harun menjelaskan perlu adanya koordinasi dan kerjasama yang baik dengan dinas teknis terkait dalam pengoperasian SIMBG, agar penerbitan IMB maupun SLF tidak terkendala. (*IF/Rentek)

Berita Terkini

Infografis Bina Penataan Bangunan

Fakta Bang Unan

Rumah Gadang atau Rumah Godang adalah nama untuk rumah adat Minangkabau yang merupakan rumah tradisional dan banyak di jumpai di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Rumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama Rumah Bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama Rumah Baanjuang.

Tanya Jawab Kepada Bang Unan


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Direktorat Jenderal Cipta Karya
Direktoran Bina Penataan Bangunan

Jl. Pattimura No. 20 Jakarta Selatan
Phone : (021) 727-97233
Fax : (021) 727-97233
Email : rentekturpbl@gmail.com

Statistik Pengunjung

Visitor : 1
Hits : 76530
Today : 42
Online : 3