Kota Bandung dan Kota Madiun Menjadi Best Practice dalam Pengimplementasian TABG dan SIMBG

Hery Wahdaniyat - Rabu, 31 Juli 2019
Kota Bandung dan Kota Madiun Menjadi Best Practice dalam Pengimplementasian TABG dan SIMBG

Status Implementasi Perda Bangunan Gedung saat ini di Regional Jawa dan Kalimantan masih terbilang belum seluruhnya terpenuhi. Masih ada beberapa kabupaten/kota yang belum memiliki Perda BG, Perwal TABG maupun belum akun SIMBG. Saat ini 168 kabupaten/kota sudah memiliki Perda BG, 64 kabupaten/kota sudah memiliki Perbup/Perwal, 35 kabupaten/kota sudah memiliki TABG serta 174 DPMPTSP dan Dinas Teknis Kabupaten/kota sudah memiliki akun SIMBG secara parsial, dan 64 kabupaten/kota sudah secara penuh.

Untuk mengefektifkan izin usaha yang telah diajukan oleh pemohon dimana kegiatan berusahanya memerlukan prasarana, pemohon perlu memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk memulai proses konstruksi dan perlu memiliki Sertifikat Laik Fungsi (SLF) untuk memanfaatkan bangunan gedung. Sesuai dengan PP No. 24 Tahun 2018, pemenuhan komitmen penerbitan IMB dan SLF ini dilakukan secara elektronik. Merespon hal tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menetapkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 19 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan Gedung Melalui Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik sebagai landasan penyelenggaraan perizinan penyelenggaraan bangunan gedung secara online oleh pemerintah kabupaten/kota melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG).

Dalam kegiatan Pendalaman Materi IMB, SLF dan TABG dan Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) yang dilaksanakan di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, diadakan talkshow best practice terkait Pelaksanaan Tugas TABG di Kota Bandung dan Penyelenggaraan IMB dan SLF dalam SIMBG di Kota Madiun, bertujuan agar kabupaten/kota yang belum terpenuhi implementasinya dapat mencontoh 2 kota tersebut yang dinilai berhasil dalam pengimplementasian Perda Bangunan Gedung.

Dalam sesi talkshow pertama bersama dengan Dian Saraswati selaku perwakilan dari Kepala Seksi Elemen Dekorasi Bidang Pemanfaatan Ruang, Dinas Teknis Kota Bandung dan Woerjantari K. Soedarsono selaku perwakilan Tim TABG Kota Bandung serta di moderator oleh Duty Rahmawati, menjelaskan terkait pelaksanaan tugas TABG Kota Bandung yang tidak hanya fokus terhadap bangunan infrastruktur melainkan juga pemanfaatan ruang tata kota.

Seperti yang diketahui Kota Bandung memiliki visi dan misi untuk mewujudkan kota yang nyaman melalui perencanaan tata ruang, pembangunan infrastruktur serta pengendalian pemanfaatan ruang yang berkualitas dan berwawasan lingkungan. Oleh karena itu peran TABG Kota Bandung sangat krusial terutama saat berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Bandung dalam mengawasi perizinan dan perencanaan pembangunan di Kota Bandung.

Woerjantari menyampaikan bahwa dalam menjalani perannya TABG Kota Bandung melaksanakan 3 komponen kriteria pemeriksaan yaitu dari segi arsitektural, struktural dan juga utilitas.

Selanjutnya Dian menyampaikan bahwa TABG juga memiliki peran untuk mengikuti pertimbangan teknis penyempurnaan peraturan bangunan gedung dalam perumusan kebijakan terkait bangunan gedung dan penyelenggaraannya.

Kemudian dilanjutkan dalam sesi talkshow kedua bersama dengan Latifah Kusumandari selaku perwakilan Direktorat Bina Penataan Bangunan, Suwarno selaku Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Kota Madiun, Yayak selaku perwakilan dari Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Madiun serta di moderator oleh Angelita Aimee, menjelaskan Penyelenggaraan IMB dan SLF dalam SIMBG.

Kota Madiun merupakan salah satu kota yang aktif dalam mengoperasikan aplikasi SIMBG. Aplikasi SIMBG merupakan perangkat / aplikasi yang dapat digunakan bagi pemohon, perangkat daerah yang membidangi urusan perizinan dan pelayanan terpadu satu pintu serta perangkat daerah yang membidangi urusan bangunan gedung.  Tujuan dikembangkannya aplikasi ini adalah untuk membantu dinas teknis penyelenggara bangunan gedung dan dinas perizinan untuk melakukan pelayanan serta pendataan terkait penyelenggaraan bangunan gedung.

Surwano menyampaikan bahwa melalui pemanfaatan SIMBG pelayanan Kota Madiun menjadi lebih efektif, koordinasi antar perangkat daerah terkait menjadi lebih jelas, dan terstandar sesuai aturan yang berlaku.

Selain kedua narasumber di atas, Yayak menjelaskan bagaimana teknis pengoperasian SIMBG, di samping itu tidak sedikit pula kendala dalam mengoperasikan SIMBG salah satunya koneksi internet yang terganggu. (*IF/Rentek)

Berita Terkini

Infografis Bina Penataan Bangunan

Fakta Bang Unan

Pulau Alcatraz adalah sebuah pulau yang terletak di tengah Teluk San Francisco di California, Amerika Serikat. Alcatraz terletak pada koordinat 37°49' LU 122°25' BB.

Tanya Jawab Kepada Bang Unan


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Direktorat Jenderal Cipta Karya
Direktoran Bina Penataan Bangunan

Jl. Pattimura No. 20 Jakarta Selatan
Phone : (021) 727-97233
Fax : (021) 727-97233
Email : rentekturpbl@gmail.com

Statistik Pengunjung

Visitor : 1
Hits : 97365
Today : 2425
Online : 2