Diperintah Jokowi, Renovasi Masjid Istiqlal Rampung Maret 2020

Hery Wahdaniyat - Senin, 22 Juli 2019
Diperintah Jokowi, Renovasi Masjid Istiqlal Rampung Maret 2020

Jakarta - Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, tengah menjalani renovasi atas perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Renovasi ditargetkan rampung pada Maret 2020 sehingga dapat dimanfaatkan pada Bulan Ramadhan tahun depan.

Sejak diperintah Jokowi, PUPR mulai melakukan renovasi secara besar-besaran pada Mei 2019. Tidak hanya bagian dalam masjid. Tapi juga lanskapnya diubah agar lebih baik sehingga Masjid Istiqlal tidak hanya menjadi kebanggaan umat Islam di Indonesia namun juga kebanggaan bangsa Indonesia.

"Renovasi Masjid Istiqlal merupakan tindak lanjut perintah Presiden Joko Widodo usai menerima kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Masjid Istiqlal pada tanggal 30 Mei 2018 lalu," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono seperti dilansir di situs Sekretariat Kabinet, Minggu (21/7/2019).

Basuki sudah meninjau pengerjaan renovasi Masjid Istiqlal pada Sabtu (20/7) siang. Area yang ditinjau yakni lokasi pembangunan tempat parkir berupa bangunan dua lantai berkapasitas 2.000 kendaraan roda empat, kemudian menuju selasar tengah, bangunan dalam masjid, ruang perkantoran, toilet, dan area kolam.

Di selasar tengah, Basuki mendapatkan penjelasan mengenai pembersihan seluruh lantai yang saat ini kusam sehingga nantinya lebih berkilap. "Dari perhitungan alat glossy meter, setelah dilakukan pembersihan, maka tingkat kilap lantai Masjid Istiqlal menunjukkan angka 132 dibanding sebelumnya yakni 32," ujar Basuki.

Demikian halnya dengan dinding Masjid juga dilakukan pembersihan. Untuk daerah mihrab akan diperbaiki tata suara, tata cahaya, tata udara agar nyaman. Kementerian PUPR juga melakukan penataan pada Taman Pendidikan Madrasah Istiqlal dan ruang perkantoran yang berada di basemen masjid.

Renovasi Masjid Istiqlal dilaksanakan oleh PT Waskita Karya sebagai kontraktor pelaksana dan PT. Virama Karya selaku konsultan manajemen konstruksi. Nilai kontrak pelaksanaan renovasi sebesar Rp 465,3 miliar dengan masa pekerjaan 300 hari kalender menggunakan APBN 2019-2020. Selama proses renovasi, jemaah tetap dapat melakukan kegiatan ibadah di Masjid Istiqlal. (detik.com)

Berita Terkini

Infografis Bina Penataan Bangunan

Fakta Bang Unan

Gereja Blenduk dikenal sebagai bangunan di mana masyarakat Belandalah yang membangunnya pada tahun 1753 dan juga sebagai gereja Kristen paling tua yang berlokasi di Jawa Tengah. Setiap hari Minggu gereja ini masih aktif dipakai untuk beribadah sampai sekarang.

Tanya Jawab Kepada Bang Unan


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Direktorat Jenderal Cipta Karya
Direktoran Bina Penataan Bangunan

Jl. Pattimura No. 20 Jakarta Selatan
Phone : (021) 727-97233
Fax : (021) 727-97233
Email : rentekturpbl@gmail.com

Statistik Pengunjung

Visitor : 1
Hits : 97369
Today : 2429
Online : 2