Umum

Konsultasi Teknis Pengelolaan Rumah Negara Golongan III

Oleh AK Kamis, 2 Mei 2019 | 07:29 WIB
Konsultasi Teknis Pengelolaan Rumah Negara Golongan III
Konsultasi Teknis Pengelolaan Rumah Negara Golongan III

Dalam rangka menindaklanjuti perkembangan kelembagaan di Kementerian PUPR khususnya Direktorat Jenderal Cipta Karya serta untuk mengoptimalkan kapasitas para Pelaksana Penatausahaan Rumah Negara Golongan III di Daerah, Direktorat Bina Penataan Bangunan dengan didampingi oleh Ketua Pokja Saber Pungli Kementerian PUPR Bapak Ir. Lucky Harry Korah, M.Si mengadakan kegiatan Konsultasi Teknis Pengelolaan Rumah Negara Golongan III, Senin (29/04) di Hotel Grand Inna Kuta, Denpasar.

Direktur Bina Penataan Bangunan Ibu Ir. Diana Kusumastuti, MT, dalam sambutannya mengatakan bahwa seiring dengan terbentuknya Balai Prasarana Permukiman Wilayah (PPW) di Provinsi, perlu segera dirumuskan strategi dan jalur koordinasi baru dalam proses pengalihan hak Rumah Negara Golongan III di Daerah, agar kinerja tinggi yang telah dicapai dalam hal Pengelolaan Rumah Negara Golongan III dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Acara ini menghadirkan narasumber Bapak/Ibu Pejabat/Pegawai dari Direktorat Bina Penataan Bangunan cq. Subdit Pengelolaan Rumah Negara, dengan dihadiri oleh Bapak/Ibu Petugas Pengelolaan Rumah Negara Golongan III seluruh Indonesia. Peserta yang hadir adalah 84 orang dari jumlah total 84 (delapan puluh empat) undangan dari 28 (dua puluh delapan) Provinsi, terdiri dari unsur Dinas PU/Dinas Teknis dan Balai PPW Provinsi. Terdapat 5 (lima) Provinsi yang tidak hadir bergabung, yaitu Provinsi Kep. Bangka Belitung, Kep. Riau, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Papua Barat, karena tidak terdapat Rumah Negara Golongan III di kelima provinsi tersebut.

Pada kesempatan ini juga dilakukan kegiatan Penyerahan SK Hak Milik Rumah Negara Golongan III secara simbolik kepada 5 orang penghuni Rumah Negara Golongan III di Provinsi Bali, yaitu kepada Ny. Luh Sriasih, Bapak Nyoman Sudhi Negara, S.T., Bapak Ir. Nyoman Losin, Bapak Ir. Nyoman Sueta, M.Eng., dan Bapak Ir.I Ketut Gatot Haryawan, Dipl.HE, yang diserahkan oleh Ibu Direktur Bina Penataan Bangunan didampingi Kasubdit Pengelolaan Rumah Negara, Ibu Luciana Angelin Narua, S.T.,M.P., dan Ketua Pokja Saber Pungli Kementerian PUPR Bapak Ir. Lucky Harry Korah, M. Si. 

Kegiatan Konsultasi Teknis Pengelolaan Rumah Negara Golongan III ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Bali, yang diwakili oleh Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali Bapak Ir. I Nyoman Sumarta, M.Si. Materi yang akan diberikan pada kegiatan ini yaitu:

  1. Kebijakan Umum Pengelolaan Rumah Negara Golongan III oleh Kasubdit Pengelolaan Rumah Negara – Luciana Angelin Narua, S.T.,M.P.;
  2. Upaya Menuju Pengelolaan Rumah Negara Golongan III Tanpa Pungli oleh Ketua Pokja Saber Pungli Kementerian PUPR – Ir.Lucky Harry Korah, M.Si.;
  3. Penaksiran dan Penilaian Harga Pengalihan Hak Rumah Negara Golongan III Beserta Tanahnya oleh Kepala Seksi Wilayah I – Andry Marulitua, S.H.;
  4. Pengawasan dan Pengendalian Rumah Negara Golongan III oleh Kepala Seksi Wilayah II – V.Y. Bambang Susanto, S.T.;
  5. Sistem Informasi Rumah Negara (SIRN) Berbasis GIS dan Pembayaran PNBP Sewa, Sewa Beli, Denda Sewa Beli Rumah Negara Golongan III dengan Aplikasi Simponi oleh Mega Citrayu, S.T.

 Dengan adanya kegiatan ini maka diharapkan agar para peserta dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya pada acara konsultasi teknis ini, serta secara aktif dan terbuka dapat mengemukakan gagasan, ide, atau permasalahan yang dialami dalam pelaksanaan pengelolaan Rumah Negara Golongan III, sehingga berbagai permasalahan dalam hal penatausahaan, layanan, PNBP, data terkait Rumah Negara Golongan III tersebut dapat ditemukan jalan keluarnya, sekaligus meminimalisir potensi permasalahan hukum di masa mendatang, demi tercapainya penatausahaan Rumah Negara Golongan III yang lebih tertib, efisien, dan akuntabel. (*ayk/prn)