Kabupaten Batola Wujudkan Kota Hijau

Hery Wahdaniyat - Jumat, 26 April 2019
Kabupaten Batola Wujudkan Kota Hijau

Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan Seminar Hijau Forum Kota Hijau (FKH) Ijajela Bahalap Tahun 2019 di Aula Bupati Barito Kuala yang dihadiri Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Kalimantan Selatan, dan seluruh elemen pendukung FKH pekan lalu.

Kepala Balai BPPW Provinsi Kalimantan Selatan Rizat Abidin mengatakan maksud tujuan dan sasaran kota hijau adalah melakukan inisiasi melalui kemitraan Pemerintah Pusat dan daerah dalam mewujudkan kota hijau. Tujuan dari kota hijau adalah menyusun Rencana Aksi Kota Hijau (RAKH) sebagai dasar pelaksanaan perwujudan atribut kota hijau di tingkat lokal secara terpadu. 

“Kita juga harus meningkatkan peran serta komunitas hijau dalam hal ini yang sudah terbentuk di Kabupaten Barito Kuala dengan nama FKH Ijajela Bahalap dalam rangka mencapai delapan atribut kota hijau secara bertahap yaitu membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berkualitas sehingga menjadi standar acuan pembangunan RTH di Indonesia. Hal yang tidak kalah penting juga kita harus memaksimalkan produk penelitian dan pengembangan PUPR dalam perencanaan dan pembangunan RTH untuk tercapainya peningkatan kuantitas dan kualitas RTH pada kota dan kabupaten peserta P2KH, yang mulai dikaitkan dengan atribut kota hijau,” tandas Rizat. 

Kota Hijau (Green City) merupakan kota yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan sumber daya air dan energi secara efektif dan efisien, mengurangi limbah, menerapkan sistem transportasi terpadu, menjamin kesehatan lingkungan, menyinergikan lingkungan alami dan buatan, berdasarkan perencanaan dan perancangan kota yang berpihak pada prinsip pembangunan berkelanjutan. 

“Sebuah kawasan hijau dapat terwujud setelah delapan atribut kota hijau diimplementasikan dan tentu untuk mewujudkan kota hijau bisa dengan kolaborasi dan komitmen dari pihak Pemerintah, swasta dan juga masyarakat,” harap Rizat. (HRD KALSEL/ari)

Berita Terkini

Infografis Bina Penataan Bangunan

Fakta Bang Unan

Stadion Sriwedari di Kota Surakarta, berdiri tahun 1946 adalah Bangunan Stadion Pertama di Indonesia

Tanya Jawab Kepada Bang Unan


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Direktorat Jenderal Cipta Karya
Direktoran Bina Penataan Bangunan

Jl. Pattimura No. 20 Jakarta Selatan
Phone : (021) 727-97233
Fax : (021) 727-97233
Email : rentekturpbl@gmail.com

Statistik Pengunjung

Visitor : 1
Hits : 143767
Today : 57
Online : 3