Umum

Penataan Kebun Raya Banua Dengan Area Tematik Buah

Oleh Hery Wahdaniyat Kamis, 24 Januari 2019 | 07:46 WIB
Penataan Kebun Raya Banua Dengan Area Tematik Buah
Penataan Kebun Raya Banua Dengan Area Tematik Buah

Satuan Kerja Penataan Bangunan dan Lingkungan (PBL) Provinsi Kalimantan Selatan saat ini telah merampungkan pekerjaan Penataan Kebun Raya Banua yang berada di Kawasan Kantor Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru.

Kasatker PBL Provinsi  Kalimantan Selatan Ervin Delmizar, Selasa(22/1/2018) mengatakan pelaksanaan penataan Kebun Raya ini merupakan tahap ketiga pelaksanaan pembangunan Kebun Raya Benua yang sejak tahun 2016 dibangun dengan dana APBN. Kebun Raya digunakan untuk konservasi dan penelitian, juga keberlanjutan lingkungan perkotaan dan memberikan fungsi jasa lingkungan, serta sebagai ajang rekreasi/wisata bagi masyarakat dan telah dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Provinsi  Kalimantan Selatan.

Akses ke lokasi Kebun Raya berjarak sejauh 11 km dari pusat Kota Banjarbaru dan 15 km dari Bandara Syamsudinoor yang bisa  ditempuh 20 menit perjalanan dari pusat Kota Banjarbaru dan 30 menit dari Bandara Syamsudinoor dengan menggunakan mobil.

“Untuk tahap ketiga ini kita membangun area konservatorium dengan detil pekerjaan struktur, arsitektur, mekanikal elektrikal serta area tematik buah berupa pekerjaan area taman (pathway, plaza buah, kolam kecil, pagar) yang dilengkapi pekerjaan loket ticketing dan pekerjaan menara pengawas,” terang Ervin. (HRD KALSEL/ari)