Umum

Gubernur Kalimantan Utara Resmikan Gedung PIP2B Di Tanjung Selor

Oleh Hery Wahdaniyat Kamis, 27 Desember 2018 | 13:02 WIB
Gubernur Kalimantan Utara Resmikan Gedung PIP2B Di Tanjung Selor
Gubernur Kalimantan Utara Resmikan Gedung PIP2B Di Tanjung Selor

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie meresmikan Gedung Pusat Informasi Pengembangan Permukiman dan Bangunan (PIP2B) di Tanjung Selor, Kamis (20/12/2018). Peresmian ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Kaltara, Ketua DPRP Provinsi Kaltara, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara, Kepala Dinas PUPR-PERKIM Kaltara, Kepala SKPD se-Provinsi Kaltara, Pemda Bulungan, Satker Bidang Cipta Karya Provinsi Kaltara, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat.
Dalam sambutannya, Irianto mengatakan, Gedung PIP2B ini merupakan salah satu bangunan terbaik di Kaltara saat ini. Harapnya, infrastruktur permukiman dan bangunan nantinya memiliki pusat informasi untuk mengetahui tentang syarat-syarat dalam mendirikan permukiman dan bangunan. 

“Gedung ini merupakan  salah satu penunjang percepatan pembangunan kota baru mandiri Tanjung Selor. Saya sangat optimis dan berkeyakinan adanya dukungan dari Kementerian PUPR dalam membangun Kota Baru Mandiri Tanjung Selor,” tutur Irianto. 

Harapannya, para pengelola dapat menyosialisasikan gedung ini kepada publik di Kaltara, khususnya di Kota Tanjung Selor tentang keberadaan, fungsi dan pemanfaatannya. 

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Penataan Bangunan Lingkungan (PBL) Provinsi Kaltara Thamrin Husein mengatakan, gedung ini merupakan inovatif yang ditargetkan untuk menjadi lembaga publik yang mendukung menyelenggarakan perumahan dan permukiman. PIP2B, memberikan kemudahan layanan dan akses untuk mendapatkan informasi kepada berbagai unsur perencana, pelaksana, pengusaha bahan bangunan, pihak pemerintah, masyarakat, serta kalangan akademisi. 

“Gedung ini nantinya sebagai tempat pelayanan konsultasi dan advokasi teknis (ruang konsultasi/ diskusi), pelatihan dan penyebarluasan informasi (ruang audiovisual), ruang pertemuan, ruang pameran, dan ruang display, perpustakaan dan penunjang lainnya,” tutur Thamrin. 

Thamrin menambahkan, kegiatan ini dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Bulungan atas hibah tanah untuk pembangunan Gedung PIP2B. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Kaltara dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bulungan dalam mendukung pembangunan gedung ini. (hajar/randalkaltara/ari)