Bangunan Gedung

Konsultasi Pelayanan IMB dan SLF di Jambi

Oleh AK Selasa, 23 Oktober 2018 | 09:49 WIB
Konsultasi Pelayanan IMB dan SLF di Jambi
Konsultasi Pelayanan IMB dan SLF di Jambi

Satuan Kerja Penataan Bangunan dan Lingkungan Provinsi Jambi menggelar Konsultasi Teknis Bidang PBL Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) melalui SIMBG Terintegritas dengan OSS, Selasa (02-03/10/2018) di Jambi. Acara tersebut dibuka oleh Walikota Jambi Syarif Fasha dan dihadiri seluruh Setda Provinsi Jambi.

Fasha menyampaikan Online Sistem Submission (OSS) adalah sistem perizinan berbasis tekologi informasi yang mengitegrasikan perizinan di daerah dan pusat dalam rangka mempermudah kegiatan usaha di dalam negeri. Melalui OSS pengajuan izin dijanjikan akan lebih cepat bahkan hanya dalam satu jam. Pengajuan izin dilakukan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang ada di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ataupun kementerian/lembaga terkait yang sudah memiliki PTSP.

“Dibangunnya sistem OSS dikarenakan banyaknya keluhan para investor terkait perizinan dan birokrasi yang berbelit-belit dan tidak bisa dipantau sampai sejauh mana penanganannya berjalan. Dengan OSS dipastikan investor bisa memantau langsung perkembangan izin yang diajukan sehingga apabila ditemui kendala dapat langsung diatasi oleh satuan tugas PTSP,” jelas Fasha.

Fasha menambahkan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan percepatan, kemudahan dan peningkatan pelayanan atas perizinan IMB dan SLF bangunan gedung dengan cara menyosialisasikan aplikasi pelayanan perizinan secara online yang disebut Online Sistem Submission (OSS) dan Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) yang diperlukan sebagai reformasi perizinan berusaha. (DM/Randal/Jambi/ari)