Bangunan Gedung

Stadion Si Jalak Harupat Direnovasi untuk Asian Games 2018

Oleh AK Selasa, 23 Oktober 2018 | 10:03 WIB
Stadion Si Jalak Harupat Direnovasi untuk Asian Games 2018
Stadion Si Jalak Harupat Direnovasi untuk Asian Games 2018

Bandung - Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, akan digunakan sebagai salah satu venue cabang olahraga (cabor) sepakbola pada perhelatan Asian Games 2018. Stadion itu pun direnovasi. 

Pantauan detikSport, Rabu (17/1/2018), Stadion Si jalak Harupat yang berkapasitas 28 ribu penonton sedang direnovasi. Sejumlah pekerja melakukan pengecekan kursi stadion dan kamar ganti.

"Tahun 2018 ini Stadion Si Jalak Harupat akan mengalami renovasi yang cukup besar," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ahmad Djohar, saat ditemui wartawan di ruangan kerjanya, di Kantor Dispora Kabupaten Bandung, Soreang, 
 

Pria yang karib disapa Adjo memastikan Stadion Si Jalak Harupat akan digunakan sebagai venue Asian Games lewat Surat Keputusan (SK). Di stadion itu akan dihelat pertandingan sepakbola. 

"Stadion Si Jalak Harupat akan ditata sedemikian rupa, official area akan diperbaiki, sehingga nanti tempat ganti pemain, loker dan kursi akan dibenahi. Rumput lapangan dengan drainasenya, rumput akan di ganti dengan media tanamnya," Adjo menjelaskan.

Dengan pembenahan ulang, menurut Adjo, drainase akan lebih sip. Nantinya, lapangan tak akan becek meski hujan. 

"Serapannya 5 menit selesai dab tidak ada air menggenang. Kalau sekarang 10-15 menit tergenang, nanti akan kita perbaiki drainasenya," ujar Adjo

Selain itu, lampu penerangan di stadion tersebut akan diganti seluruhnya. Menurutnya, sejak dibangun hampir 15 tahun lalu lampu stadion Si Jalak Harupat belum pernah diganti. "Lampu untuk Asian Games akan di rehab total," dia menambahkan. 

Adjo menuturkan dana pembangunan untuk renovasi untuk Asian Games di Jawa Barat sekitar 60 miliar. 

"Dari 60 miliar anggaran yang dialokasikan untuk Jawa Barat, selain Si Jalak Harupat, kita mendapatkan yang terbesar sekitar Rp 33,9 miliar dalam bentuk bantuan program bukan bentuk uang," dia menuturkan.

Selain itu, tribune selatan dan utara akan ditutup sehingga seluruh tribune tertutup. Pengerjaannya saat ini terus dikebut. 

"Hari ini sudah di mulai, selesai 30 Juni mendatang. Rumput, lampu, official area harus sudah selesai" dia menegaskan.