BERITA

5.08.2022

Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) D.I.Yogyakarta Melaksanakan Acara Pembinaan Teknis Penyelenggaraan Bangunan Gedung Di Provinsi D.I. Yogyakarta Beberapa Waktu Lalu. Acara Tersebut Dihadiri Oleh Instansi Terkait, Baik Di Tingkat Provinsi Maupun Kabupaten/kota.

5.08.2022

Indonesia Berkomitmen Untuk Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca Dengan Melakukan Berbagai Upaya Mitigasi Dan Konservasi Energi. Hal Itu Ditunjukkan Saat Meratifikasi Paris Agreement Dalam Acara Conference On Parties Di Morocco Pada Bulan November 2016. Salah Satu Bentuk Nyata Pemerintah Dalam Mitigasi Dan Konservasi Energi Tersebut Yaitu Melalui Sertifikasi Bangunan Gedung Hijau (BGH). Berdasarkan US Energy Consumption, Bangunan Gedung Merupakan Bidang Terbesar Dalam Konsumsi Energi Dunia, Sehingga Sejalan Dengan Upaya Pemerintah.

5.08.2022

Salah Satu Program Pemerintah Yang Saat Ini Terus Ditingkatkan Yaitu Rehabilitasi Dan Renovasi Sekolah. Dan Untuk Memastikan Hasilnya Berjalan Baik Ditjen Cipta Karya Melalui Direktorat Prasarana Strategis Yang Diwakili Oleh Kasubdit Wilayah III Direktorat Prasarana Strategis Endra Bekti Nusantara Yang Didampingi Oleh Tim Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tenggara (BPPW Sultra) Melakukan Monitoring Ke Beberapa Sekolah Di Kabupaten Muna, Beberapa Waktu Lalu.

5.08.2022

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Gorontalo Nurdiana Habibie Menghadiri Coaching Clinic II Program Percepatan Sanitasi Permukiman (PPSP) Implementasi SSK Kabupaten Bone Bolango, Di Aula Tolopani Bappeda Litbang Kabupaten Bone Bolango Senin (01/08/2022).

5.08.2022

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu Daniel Kuddi Sangle Melakukan Kunjungan Pemantauan Pemanfaatan Hasil Pembangunan MCK Di Pondok Pesantren (Ponpes) Ar-Raudah, Senin (01/08/2022). Daniel Mengungkapkan Bahwa Kegiatan Pembangunan Sarana Dan Prasarana Bertujuan Untuk Memberikan Edukasi Kepada Pengurus Ponpes Dalam Mengelola Sanitasi Yang Baik Terutama Pengelolaan Air Limbah.

5.08.2022

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Riau Abdul Halil Kastella, Didampingi Kepala Seksi Pelaksanaan Wilayah 1 Hendra, Kepala Satuan Kerja Pelaksana Prasarana Permukiman Provinsi Riau Yenni Mulyadi, Dan PPK Sanitasi Taufik Hidayat, Melaksanakan Monitoring Kegiatan Pembangunan Waste Water Treatment Plant (WWTP) Atau Dikenal Dengan Sebutan IPAL Kota Pekanbaru Yang Berlokasi Di Jalan Sumber Sari, Kelurahan Bambu Kuning, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Kamis (28/07/2022).


ORGANISASI



PROFIL

Melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang sistem dan strategi penyelenggaraan infrastruktur permukiman.


fungsi direktorat

sistem dan strategi penyelenggaraan infrastruktur permukiman

  • Penyiapan perumusan kebijakan di bidang sistem, strategi, dan keterpaduan penyelenggaraan pembangunan infrastruktur permukiman;
  • Penyusunan rencana dan pengembangan strategi, serta rencana strategis pengelolaan permukiman;
  • Pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan sistem, strategi, dan keterpaduan penyelenggaraan infrastruktur permukiman;
  • Pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pembinaan sistem, strategi, dan keterpaduan penyelenggaraan pembangunan infrastruktur permukiman;
  • Pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang pembinaan sistem, strategi, dan keterpaduan penyelenggaraan pembangunan infrastruktur permukiman;
  • Pengolahan data dan penyiapan informasi di bidang pembinaan sistem, strategi, dan keterpaduan penyelenggaraan pembangunan infrastruktur permukiman; dan
  • Pelaksanaan urusan tata usaha Direktorat.

tugas sub direktorat dan tata usaha direktorat

sistem dan strategi penyelenggaraan infrastruktur permukiman

  • SUB DIREKTORAT KETERPADUAN PENYELENGGARAAN INFRASTRUKTUR PERMUKIMAN

    Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan, serta pengolahan data dan penyiapan informasi di bidang perencanaan pembangunan infrastruktur permukiman.

  • SUB DIREKTORAT STRATEGI, PROGRAM, DAN ANGGARAN 

    Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan, serta pengolahan data dan penyiapan informasi di bidang program dan penganggaran pembangunan infrastruktur permukiman dengan sumber dana anggaran pendapatan dan belanja negara Murni dan Non anggaran pendapatan dan belanja negara. 

  • SUB DIREKTORAT KOORDINASI PENGADAAN TANAH, PEMANTAUAN DAN EVALUASI

    Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan, serta pengolahan data dan penyiapan informasi di bidang pengendalian pelaksanaan, kinerja program, serta pelaksanaan koordinasi pengadaan tanah dalam pembangunan infrastruktur permukiman.

  • SUB DIREKTORAT PENGELOLAAN PINJAMAN DAN HIBAH LUAR NEGERI

    Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan, serta pengolahan data dan penyiapan informasi di bidang penyusunan program dan pengelolaan pinjaman dan hibah luar negeri pembangunan infrastruktur permukiman.

  • SUBBAG TATA USAHA

    Melakukan pelaksanaan urusan administrasi kepegawaian, administrasi keuangan, administrasi barang milik negara, tata persuratan, kearsipan, kerumahtanggaan, koordinasi data dan informasi, serta koordinasi administrasi penerapan sistem pengendalian intern direktorat.

fungsi sub direktorat

strategi, program, dan anggaran

  1. Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan;
  2. Melaksanakan kebijakan;
  3. Melaksanakan pemberian bimbingan teknis dan supervisi;
  4. Melaksanakan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan; serta
  5. Pengolahan data dan penyiapan informasi di bidang program dan penganggaran pembangunan infrastruktur permukiman dengan sumber dana anggaran pendapatan dan belanja negara Murni dan Non anggaran pendapatan dan belanja negara

PROGRAM

Program Kerja Direktorat KIP 2018

Program Kerja Direktorat KIP 2017

Program Kerja Direktorat KIP 2016

PRODUK

Laporan Kinerja (LKj) Direktorat KIP Tahun 2018

LAKIP Eselon II Tahun 2017

LAKIP Eselon I Tahun 2016

LAKIP Eselon II Tahun 2016

LAKIP Eselon I Tahun 2015


Katalog CSR


Informasi Umum SIPPa

bukusaku penyiapan kegiatan pinjaman luar negeri

Tata Cara Pengajuan Revisi Anggaran

Renstra Direktorat KIP 2015-2019

Buku Panduan Penyusunan Paparan Pimpinan

Agenda Kegiatan

T.A. 2017

Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman bertugas untuk mendukung target kinerja Ditjen Cipta Karya dengan menterpadukan seluruh program-program Infrastruktur Permukiman baik ditingkat pusat melalui unit eselon tiganya, maupun ditingkat daerah melalui satuan kerja perencanaan dan pengendalian.

KONTAK