Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti bersama Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution meninjau Pasar Aksara, Jalan Masjid, Desa Medan Estate, Deliserdang, dan Pembangunan Infrastruktur Permukiman Kawasan Kota Lama Kesawan, serta SPAM Regional Mebidang, Kamis (15/09/2022).


Turut mendampingi Direktur Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Dian Irawati, Sekda Medan Wiriya Alrahman, Dirut PUD Pasar Medan Suwarno, dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Diana mengungkapkan kunjungan itu untuk melihat progress sekaligus kesiapan pasar pengganti Pasar Aksara lama yang telah terbakar beberapa waktu lalu. 

Pada kunjungan tersebut, Wali Kota dan Dirjen Cipta Karya meninjau fasilitas di pasar yang memiliki dua lantai tersebut, seperti kamar mandi, pompa air yang berada di ruang bawah tanah (rubanah) atau basement, tempat genset, ruang pendingin, tempias di lantai 2, dan tangga untuk ke lantai 3 tempat tangki air disimpan. 

Selain mengunjungi Pasar Aksara juga meninjau Penataan Kawasan Kota Lama Kesawan dengan lingkup kegiatan Kawasan Kota Lama Kesawan berupa penataan jalur pedestrian, pembangunan jalur sepeda, pembangunan halte dan shelter, penataan lansekap, penggantian lapisan permukaan jalan, tata cahaya, penataan saluran drainase, pembangunan Saluran Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT).

Walikota Medan Bobby Nasution mengungkapkan, kunjungannya ini untuk melihat pekerjaan Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya yang ada di Kota Medan. “Sejauh ini, sudah ada dua yang beroperasi, pertama di Kawasan Kota Lama Kesawan dan kedua, di sini, Pasar Aksara," kata Bobby.

Setelah dari Penataan Kawasan Kota Lama Kesawan, Dirjen Cipta Karya juga meninjau SPAM Regoinal Mebidang dengan lingkup kegiatan berupa unit air baku, pompa intake, unit produksi dan transmisi air curah (proses), IPA Beton kapasitas 1.100 L/det, Reservoir/Clear Well kapasitas 7.000 m³, Jaringan distribusi utama, Unit Distribusi dan Pelayanan (proses), serta Jaringan distribusi.