Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan Teuku Davis Hamid melakukan Kunjungan Lapangan ke Lokasi Kegiatan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) Kota Banjarmasin Tahun Anggaran 2022 di Kelurahan Tanjung Pagar dan Murung Raya, Selasa (13/09/2022).


Davis mengatakan pekerjaan SPALD-S dilaksanakan secara swakelola oleh warga setempat di 10 lokasi untuk Kota Banjarmasin dan saat ini progres kegiatan berada di angka 70 % untuk keuangan dan 13% fisik dengan target selesai pada akhir Oktober mendatang.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Kasi Pelaksanaan Wilayah I Imam Mahmuddin, PPK Sanitasi Neikle Rifen Kasongkahe, TFL Pemberdayaan dan Teknis Evi Marlina Sari, Andriani Muhammad, Hambali dan Fathurrahim.

Davis menjelaskan program SPALD-S merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang bersifat produktif berdasarkan pemanfaatan sumber daya alam, tenaga kerja, dan teknologi lokal dalam rangka mengurangi kemiskinan dan meningkatkan pendapatan.

“Tujuan kegiatan ini berorientasi pada pembangunan manusia dan kebudayaan yaitu mewujudkan sebagai tempat yang dapat mengakomodasi berbagai pilihan dan kesempatan bagi masyarakat dengan eksistensinya masing- masing secara mandiri dan inklusif, serta mengembangkan berbagai aktivitas berbasis kearifan lokal yang produktif dan bernilai ekonomis,” pungkas Davis. (HRD KALSEL/ari)