Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Tengah melalui Kepala Seksi Perencanaan dan Pelaksanaan Wilayah I mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Kelembagaan Air Limbah Domestik Kabupaten Sigi, Senin (31/08/2020) di Palu.


Acara tersebut dihadiri oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sigi, serta perwakilan dari OPD terkait di Kabupaten Sigi. FGD ini bertujuan untuk membahas hal terkait pendampingan pembentukan kelembagaan air limbah domestik yang ada di Kabupaten Sigi. 

Menanggapi maksud dan tujuan diadakannya FGD ini, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sigi Iskandar Nontji, mengatakan bahwa dirinya mewakili Pemerintah Kabupaten Sigi menyambut baik sekaligus mengucapkan terima kasih yang sebesarnya terkait hal ini. Iskandar berharap dengan diadakannya rapat ini, pembentukan kelembagaan air limbah domestik tidak hanya ada di atas kertas, namun dapat terwujud secara nyata. “Untuk itu, manfaatkan momen FGD ini sebaik-baiknya,” kata Iskandar. 

Dalam FGD kali ini tercapai beberapa hal yang sekiranya disepakati dari peserta yang ada. Hal penting yang menjadi  kesepakatan diantaranya Pemerintah Kabupaten Sigi diharapkan untuk segera membuat draft peraturan perundangan terkait yang mengatur pembentukan UPTD Air Limbah Domestik. Kemudian, memberikan dukungan terhadap kelengkapan perangkat organisasi UPTD dan SDM yang memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan, dapat mendukung secara berkelanjutan dan bertahap untuk berfungsinya UPTD Air Limbah Domestik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan terakhir UPTD Air Limbah Domestik Kabupaten Sigi adalah UPTD Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) Kelas A. (Rian – BPPW Sulteng/ari)