Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan Dardjat Widjunarso melakukan Kunjungan Lapangan ke Tapak Pembangunan TPS 3R Datu Awang di Desa Samhurang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Senin (31/08/2020).


Dardjat mengatakan  saat ini pembangunan TPS 3R fisiknya sudah di angka 92%. Selain itu, kita juga sedang melakukan peningkatan kapasitas Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) di TPS 3R Datu Awang yang terdiri dari  pelatihan praktek pemilahan sampah, pencacahan sampah organik, pengayakan kompos, dan packing kompos. Hal ini bertujuan agar KPP Datu Awang menjadi kelompok terlatih untuk mengoperasionalkan TPS 3R. 

Pelatihan dilakukan agar ketika TPS 3R rampung langsung bisa dioperasikan. “Kita berharap pelatihan yang diterima oleh penerima manfaat ini benar-benar bisa mengurangi timbunan sampah dan mampu mengubah sampah menjadi bernilai ekonomis sehingga selain menjadi solusi terhadap pelestarian lingkungan juga mampu menjadi sumber penghasilan,” ringkas Dardjat. (HRD KALSEL/ari)