Bupati Halmahera Barat Danny Missi melakukan kunjungan kerja ke Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Maluku Utara, beberapa waktu lalu. Kedatangan Bupati Halmahera diterima langsung oleh Kepala BPPW Maluku Utara Fasri Bachmid. Kedatangan orang nomor satu di Halmahera Barat tersebut dalam rangka mengoordinasikan kegiatan infrastruktur yang berada di Halmahera Barat dan rencana peresmian paket kegiatan pemberdayaan yaitu PISEW yang sudah selesai 100%.


Fasri Bachmid sangat mengapresiasi kunjungan kepala daerah tersebut. Dalam dua bulan berturut-turut sudah dua kepala daerah di Provinsi Maluku Utara ini yang berkunjung ke kantor BPPW Maluku Utara untuk berkoordinasi terkait kemajuan infrastruktur di daerahnya.

Fasri mengatakan, program PISEW pada tahun 2020 di Kabupaten Halmahera Barat menangani pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum yang meliputi Kecamatan Jailolo Selatan berlokasi di Desa Dodinga dan Desa Braha, serta Kecamatan Jailolo Timur berlokasi di Desa Bobaneigo dan Pasir Putih.

“Kunjungan Bupati Halmahera Barat merupakan salah satu bentuk kepedulian dimana selama ini Bupati sangat intens sekali dalam berkoordinasi untuk kemajuan pembangunan infrastruktur dan keberhasilan program pemberdayaan di Halmahera Barat, termasuk mengoordinasikan usulan kegiatan tahun 2021,” ungkap Fasri.

Fasri menambahkan, kegiatan pemberdayaan ini mengoptimalkan seluruh pemberdayaan di dalam masyarakat, dimana proses pelaksanaan sudah dilewati sampai peresmian, yang menjadi perhatian utama adalah setelah pekerjaan ini selesai. "Pengelolaan seluruh kegiatan pemberdayaan yang sudah terbangun akan dilakukan oleh masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat harus bertanggung jawab dengan apa yang sudah dibangun, termasuk dalam pemeliharaan, agar infrastruktur dapat dimanfaatkan sampai jangka panjang," tutur Fasri.

Sementara Danny Missi sangat berterima kasih melalui BPPW Maluku Utara pembangunan infrastruktur kegiatan pemberdayaan sudah menyentuh langsung di masyarakat. “Saya berharap ke depan desa yang lain di Halmahera Barat bisa mendapatkan bantuan seperti ini,” tutur Danny. (tatik/maya/BPPW Maluku Utara/ari)