Dalam rangka Sosialisasi Desa Sasaran Pamsimas Tahun Anggaran 2021 dan Pelaksanaan Desa sasaran Pamsimas Tahun Anggaran 2020 yang dilaksanakan oleh PPMU (Dinas PUPR) dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Nusa Tenggara Barat (BPPW NTB) dilaksanakan Rapat Koordinasi Program Pamsimas III NTB di aula PIP2B, Selasa (01/09/2020).


Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kasi Pelaksanaan Wilayah I BPPW NTB Indra Juliraf dan dihadiri oleh Bappeda Provinsi dan Kabupaten/Kota, Dinas PMPD Dukcapil Provinsi NTB, Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Provinsi NTB, Dinas PUPR Kabupaten/Kota, Kasatker Pelaksana Wilayah BPPW NTB, PPK Air Minum BPPW NTB, Tim ROMS-10 Provinsi NTB, DC dan DPMU serta dihadiri secara online antara lain Ketua CPMU Pamsimas Pusat, PPK Pembinaan Pelaksanaan Pusat dan TL NMC Pusat.

Indra mengatakan bahwa sasaran utama dalam kegiatan ini adalah masyarakat perdesaan dengan akses aman air minum dan sanitasi yang layak untuk masyarakat sesuai dengan target capaian sebesar 100%. Kegiatan ini membutuhkan inisiatif dan partisipasi aktif masyarakat dalam memelihara dan menjaga sarana yang telah dibangun serta melanjutkan kegiatan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Sementara itu, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Provinsi NTB Ilham Ardiansyah menyampaikan arahan dari Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB bahwa program Pamsimas I telah dilakukan dari tahun 2008-2012 dan program Pamsimas II dari tahun 2013-2015 telah berhasil meningkatkan nilai perilaku hidup bersih dan sehat. Untuk terus meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap air minum dan sanitasi dan dalam rangka pencapaian akses universal, maka program Pamsimas akan terus dilanjutkan.

“Program Pamsimas III yang sedang dilaksanakan ini untuk mendukung dua agenda nasional guna meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan. Pelaksanaan program Pamsimas di Provinsi NTB yang telah dilaksanakan sejak tahun 2014 hingga saat ini berjalan dengan baik dan telah banyak memberikan manfaat kepada masyarakat,” tutup Ilham. (ang/BPPWNTB/ari)