Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Lampung menggelar Acara Penandatanganan Berita Acara Transfer Keluar dalam Rangka Alih Status Barang Milik Negara (BMN) Antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Kementerian Agama Republik Indonesia di Gedung Serba Guna (GSG) BPPW Lampung, Jumat (03/07/2020).


Kepala BPPW Lampung Maria Doeni Isa mengatakan, acara ini diselenggarakan dengan menindaklanjuti Berita Acara Serah Terima Barang Milik Negara antara Kementerian PUPR dengan Kementerian Agama Nomor: 06/BA/SJ/2020 – 04 Tahun 2020 tanggal 20 Mei 2020, serta dengan memperhatikan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 87 /PMK.06/2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Penggunaan Barang Milik Negara, maka dalam rangka tertib administrasi dan pencatatan BMN perlu untuk dilakukan Alih Pencatatan melalui mekanisme transfer keluar arsip data komputer (ADK) Simak BMN oleh Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Lampung kepada Satuan Kerja Penerima.

“Kami mengundang 24 Satuan Kerja di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten/Kota Provinsi Lampung, yaitu Kanwil Kementerian Agama Provinsi, Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN), dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN),” jelas Doeni. 

Doeni menambahkan Barang Milik Negara yang akan diserahterimakan berupa gedung dan bangunan dalam renovasi yang berasal dari paket pekerjaan pembangunan rehabilitasi dan renovasi sarana prasarana Madrasah Tahun Anggaran 2019, dengan total nilai perolehan Rp55,8 miliar.

“Dengan dilaksanakannya penandatanganan berita acara alih status BMN ini, maka aset dari pihak Kementerian PUPR beralih statusnya ke Kementerian Agama. Kami berharap selanjutnya aset ini dapat dimanfaatkan dan dipelihara sebaik-baiknya,” tutup Doeni.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi, Kepala Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Kepala Sekolah MTsN Kabupaten/Kota dan Kepala Sekolah MAN Kabupaten/Kota. (Methariska – Bppw Lampung/ari)