Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Banten melakukan serah terima aset infrastruktur BMN yang dibangun oleh Kementerian PUPR di Kawasan Kohod, kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang, Senin (29/06/2020) bertempat di Kantor Bupati Tangerang, Provinsi Banten. Serah terima dilakukan oleh Kepala Bagian Keuangan, BMN dan Barang Persediaan Bencana Direktorat Jenderal Cipta Karya Darwanto kepada Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.


Ahmed Zaki Iskandar dalam kesempatannya mengungkapkan Kohod merupakan salah satu tujuan pembangunan masyarakat perdesaan dan termasuk dalam RPJM Kabupaten Tangerang. Dalam hal ini, sinkronisasi pembangunan di Kabupaten Tangerang sudah sangat baik antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah. Dan Zaki pun berharap dalam pelaksanaan dan pemanfaatannya masyarakat dapat mendukung dan memiliki rasa kepemilikan akan pembangunan yang sudah dilaksanakan agar ke depannya dapat terjaga infrastruktur yang telah dibangun.

Dalam kegiatan ini Kepala BPPW Banten Rozali Indra Saputra turut mendampingi dan mengungkapkan pada prinsipnya pembangunan infrastruktur yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR tidak dioperasikan sendiri, namun hampir semua aset yang dibangun merupakan pemenuhan kebutuhan kepada masyarakat/publik yang akan dikelola dan dioperasikan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Kementerian PUPR berharap aset yang diserahterimakan tersebut dapat segera dikelola dan dimanfaatkan oleh para penerima aset.

Infrastruktur yang diserahterimakan sendiri merupakan pembangunan yang dilakukan pada tahun 2018 yang meliputi item pekerjaan gedung pemberdayaan masyarakat, jalan beton poros desa, jalan lingkungan dan TPT. Kohod sebagai permukiman perdesaan kawasan pusat pemberdayaan masyarakat terpadu diharapkan kedepanya akan menjadi masyarakat yang mandiri dengan perekonomian masyarakat pesisir yang lebih baik. Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Bagian Keuangan, BMN dan Barang persediaan Bencana Direktorat Jenderal Cipta Karya Darwanto bahwa masyarakat Kohod harus bisa mandiri dengan perekonomian masyarakat pesisir yang didukung dengan infrastruktur penunjang yang telah dibangun. (ero/yyt/bppwbanten/ari)