PPK Perencanaan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Tengah melaksanakan Technical Meeting Pendampingan Pembentukan Kelembagaan Limbah Air Domestik, Senin (29/06/2020), di ruang rapat kantor sementara BPPW Sulawesi Tengah secara daring Zoom Meeting bersama Direktur Sanitasi Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR serta dihadiri oleh Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sigi Iskandar Nontji, Kepala Dinas PU Kabupaten Sigi yang diwakili oleh Kepala Bidang Cipta Karya dan Perumahan, dan perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sigi.


Kepala BPPW Ferdinand Kana Lo mengatakan, seperti diketahui bahwa di tahun 2019 yang lalu Kabupaten Sigi telah mengesahkan Perda Nomor I Tahun 2019 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik. Dan di saat yang sama pula infrastruktur pengelolaan air limbah domestik berupa Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) di Desa Ngatabaru telah terbangun. “Untuk itu, kita adakan pertemuan ini untuk mendampingi pihak Kabupaten Sigi dalam pembentukan lembaga yang akan menjadi pengelola atau operator Air Limbah Domestik di Kabupaten Sigi," ujar Ferdinand.

Lebih lanjut, Ferdinand menjelaskan bahwa sedianya BPPW Sulawesi Tengah telah melaksanakan pendampingan kelembagaan bidang persampahan. Namun, terjadi perubahan kerangka acuan kerja dari kementerian terkait pendampingan, yang sebelumnya bidang persampahan menjadi bidang air limbah domestik. Untuk itu, pihaknya memohon maaf kepada Pemerintah Kabupaten Sigi, khususnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang sudah berkomunikasi intens dengan pihaknya.

Ferdinand mengucapkan terima kasih kepada pihak Pemerintah Kabupaten Sigi yang telah berkenan hadir. “Kami dari pihak BPPW Sulawesi Tengah mewakili Kementerian PUPR, mendukung sepenuhnya dan memfasilitasi proses dari minat kabupaten terhadap program ini yang tertuang dalam surat minat pendampingan kelembagaan air limbah domestik yang ditandatangani oleh Bupati dan dikirmkan ke Kementerian PUPR pada bulan November 2019 yang lalu. Untuknya, hari ini kita juga bentuk Konsultan Individual yang akan mendampingi dalam Pembentukan Kelembagaan Air Limbah Domestik ini,” tutup Ferdinad. (Rian - BPPW Sulteng/ari)