Hingga saat ini, penyebaran Virus Covid 19 terus meningkat dan telah merebak di wilayah Banten hingga beberapa daerah provinsi di Indonesia lainnya. Sehingga Menteri Kesehatan Republik Indonesia telah menetapkan bahwa virus Covid 19 sebagai wabah atau kejadian luar biasa yang diperkuat dalam keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/104/2020 tanggal 4 Februari 2020 tentang penetapan infeksi Novel Corona Virus (infeksi 2019-nCoV) sebagai penyakit yang dapat menimbulkan wabah dan penanggulangannya. Oleh karena itu, Senin (16/03/2020) Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan sosialisasi internal terkait pencegahan dan meminimalisasi penyebaran virus Covid 19, yang dilaksanakan di halaman Gedung PIP2B, BPPW Kalimantan Timur, Samarinda. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pejabat inti dan seluruh staf BPPW Kalimantan Timur.


Kepala Seksi Pelaksanaan, BPPW Kalimantan Timur Syafrudin, menghimbau kepada seluruh karyawan/karyawati untuk selalu menjaga kebersihan serta menerapkan pola hidup sehat dari diri pribadi dan keluarga dengan menggunakan masker saat sedang terserang sakit, mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer, mengonsumsi makanan bergizi serta rajin berolah raga mengingat saat ini penyebaran virus Covid 19 yang terus meningkat sambil menunggu arahan resmi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan  Rakyat (PUPR) terkait pencegahan atau penanganan virus Covid 19 ini dengan tetap memperhatikan edaran Pemerintah Kalimantan Timur dan Perintah Kota Samarinda. Selain itu, BPPW Kalimantan Timur juga telah melakukan beberapa upaya dalam mencegah penyebaran virus Covid 19, salah satunya adalah dengan rutin melakukan pembersihan Air Conditioning (AC) yang terdapat di lingkungan kerja BPPW Kalimantan Timur.

Sementara, Kepala BPPW Kalimantan Timur Sandhi Eko Bramono menjelaskan, bahwa untuk pencegahan virus Covid 19 ini diperlukan peranan dari berbagai pihak, mulai dari masyarakat, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Pusat, serta yang paling penting adalah dimulai dari diri sendiri. Misalnya, rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan menggunakan masker.

Selain itu, BPPW Kalimantan Timur juga telah memberlakukan beberapa peraturan untuk pencegahan dan meminimalisasi penyebaran virus Covid 19 di lingkungan BPPW Kalimantan Timur, seperti mencuci tangan dengan hand sanitizer yang telah disediakan di meja resepsionis sebelum melakukan absen sidik jari, menutup mulut/hidung dengan tangan atau lengan dalam ketika batuk atau bersin, menyediakan sabun cuci tangan di setiap toilet, wastafel, dan kantin agar para karyawan/karyawati dapat mencuci tangan dengan sabun setelah batuk, bersin,  ataupun beraktivitas lainnya.

Sandhi menambahkan, agar seluruh pejabat dan staf di lingkungan BPPW Kalimantan Timur dapat ikut saling berkoordinasi, saling membantu, dan merapatkan barisan, hingga kondisi sudah kembali seperti sediakala. “Dan semoga kita senantiasa sehat dan dalam lindungan Allah SWT,” tutur Sandhi. (Umi/Balai-PPW Kaltim/ari)