Strategi penyelenggaraan pembangunan infrastruktur bidang PUPR untuk mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, perlu melibatkan pemerintah daerah dan masyarakat melalui program-program infrastruktur berbasis masyarakat. Peran pemerintah daerah dan masyarakat dapat meningkatkan komitmen, rasa memiliki, dan tanggungjawab dalam memelihara hasil pembangunan dan keberlanjutannya. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung E. Sunandar Rachman, Rabu (19-20/07/2017)di Lampung.

 


"Berdasarkan ketentuan Peraturan Menteri RI Nomor 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran dan Belanja Negara, proses pengajuan pembayaran oleh Kepala Satuan Kerja selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) kepada Kantor Pelayanan Pendaharaan Negara (KPPN) akan menggunakan aplikasi yang disediakan oleh Ditjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan RI, yaitu Sistem Aplikasi Satuan Kerja (SAS). Selain itu, KPA perlu menetapkan petugas perbendaharaan Satuan Kerja untuk memproses administrasi anggaran KPPN setempat," ungkap Sunandar. 

Sunandar menjelaskan, bahwa tujuan pelatihan ini adalah memberi pembinaan serta pemahaman bagi personil Satker Pembangunan Infrastruktur Permukiman (PIP) yang ditunjuk sebagai petugas pelaporan dan petugas perbendaharaan dalam pelaksanaan kegiatan infrastruktur berbasis masyarakat di kabupaten/kota. Sasaran yang ingin dicapai adalah tersosialisasikannya petunjuk langkah-langkah awal pelaksanaan kegiatan Satker PIP Kabupaten/Kota, terwujudnya pemahaman dalam proses administrasi kegiatan berbasis masyarakat dan keterampilan petugas Satker PIP yang ditunjuk untuk menggunakan aplikasi (e-monitoring, SAIBA, dan SAS) yang wajib digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pencairan anggaran, pelaporan realisasi keuangan dan kemajuan fisik. 

"Kami mengharapkan partisipasi aktif dan kehadiran penuh dari para peserta rapat khususnya dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Agar kegiatan ini dapat bermanfaat dan terlaksana dengan baik," tutup Sunandar. (Methariska Sylvia/ Akbar – Randal Lampung/ari)