Randal Provinsi Gorontalo melaksanakan Pembinaan Teknis Petugas Pelaporan dan Perbendaharaan serta Pembinaan Petugas SIPPa, di Gorontalo, Selasa (11/12-072017).


Kegiatan ini dibuka oleh Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Gorontalo Iwan Mokoginta dan dihadiri oleh  Kasatker dan PPK  petugas PPSPM, e-Mon, SAI, SIMAK-BMN, SAS, SIPPa kabupaten/kota, dengan mengundang pemateri dari KPPN, KPKNL, dan Kanwil Perbendaharaan Provinsi Gorontalo. 

“Tujuan pelaksanaan kegiatan pembinaan teknis ini adalah memberi pemahaman bagi personil Satker PIP yang ditunjuk sebagai petugas pelaporan dan petugas perbendaharaan dalam pelaksanaan kegiatan infrastruktur berbasis masyarakat di kabupaten/kota,” kata Iwan. 

Sesuai yang tertuang dalam Peraturan Menteri PU Nomor 14/PRT/M/2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Kementerian Pekerjaan Umum yang Merupakan Kewenangan Pemerintah dan Dilaksanakan Sendiri, setiap Satuan Kerja berkewajiban melaksanakan pelaporan progres pelaksanaan kegiatan yang up-to-date dan berkelanjutan baik pelaporan progres keuangan maupun fisik. Dalam pelaporan progres keuangan dan fisik, Satuan Kerja akan dibantu oleh petugas e-monitoring, SIMAK-BMN, dan SAIBA. Selain itu, sesuai ketentuan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.05/2012, setiap Satuan Kerja wajib menyelenggarakan perbendaharaan dengan menggunakan aplikasi yang disediakan oleh Ditjen Perbendaharaan. 

Dan untuk aplikasi SIPPa sekarang sudah berada di Bappeda masing-masing Kabupaten/Kota, yang akan melakukan input data dasar kewilayahan serta usulan perencanaan (RPIJM), sedangkanpetugas SIPPa Satker sektoral Ditjen Cipta Karya bertugas memverifikasi keabsahan data dasar kewilayahan yang menjadi acuan dan indikator perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. 

“Saya berharap acara ini dapat berjalan lancar serta menambah wawasan bagi para peserta serta meningkatkan kompetensi dan pemahaman bagi kita semua,” harap Iwan. (Randal Gorontalo/ari)