Dalam rangka pembinaan kepada para pelaku kegiatan infrastruktur permukiman khususnya kepada Kasatker, PPK, bendahara pengeluaran, Pejabat Penguji SPM, petugas e-Monitoring, SAS, SAIBA dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab pada Tahun Anggaran 2017, Perencanaan dan Pengendalian Infrastruktur Permukiman (Randal PIP) Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Workshop Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) di Padang, Kamis (13-14/07/2017).


Pada tahun 2017, Provinsi Sumatera Barat mendapatkan tiga program pemberdayaan bidang Cipta Karya yang tersebar di 19 kabupaten/kota, yakni program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas), Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), dengan total dana Rp. 70 miliar. Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Sumatera Barat, Virdiana dalam sambutannya mengungkapkan, workshop IBM ini merupakan langkah awal persiapan administrasi pelaksanaan anggaran, Satuan Kerja Pembangunan Infrastruktur Permukiman Kabupaten/Kota. 

Sementara PPK Randal Provinsi Sumatera Barat Syafriyanti mengungkapkan, sesuai laporan koordinator Pamsimas Provinsi Sumatera Barat, beberapa kabupaten telah melakukan penarikan keuangan dan mesti dilaporkan pada aplikasi elektronik monitoring (e-Monitoring). Syafriyanti mengharapkan, dengan dliaksanakan workshop IBM ini mampu meningkatkan kapasitas, kompetensi, profesional petugas pelaporan dan petugas perbendaharaan dalam menjalankan peran dan fungsinya, sehingga kinerja pengelolaan dan penatausahaan keuangan senantiasa konsisten, dengan mengedepankan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik sesuai ketentuan yang berlaku. (rjp/randalsumbar/ari)