Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman (Randal PIP) Provinsi Maluku melaksanakan Pembinaan Teknis Petugas Pelaporan Petugas Perbendaharaan dan Petugas SIPPa pada Satuan Kerja Pengembangan Infrastruktur Permukiman di 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku, Selasa (11/07/2017) di Ambon.


Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan RuangProvinsi Maluku Ismail Usemahu dan dihadiri oleh  Kasatker Pengembangan Infrastruktur Permukiman, ,petugas PPSPM, petugas e-Mon SAI, SIMAK, SAS SIPPa, serta mengundang narasumber dari KPPN, KPKNL, dan Kanwil Keuangan Provinsi Maluku.

Anggaran yang dialokasikan dalam DIPA TA 2017 merupakan dana bantuan langsung masyarakat yang akan disalurkan secara kepada masyarakat sesuai dengan tata cara pedoman pelaksanaan dan petunjuk teknis program infrastruktur permukiman berbasis masyarakat di lingkungan Ditjen Cipta Karya, yaitu Pengembangan Kawasan Permukiman Berbasis Masyarakat.

 “Demi tecapainya pelaporan yang semakin baik perlu diadakan pelatihan bagi petugas pelaporan (SAK, SIMAK BMN dan e-monitoring) petugas SAS, dan petugas perbendaharaan pada Satker PIP Kabupaten/Kota,” kata Ismail.

Bukan hanya tentang pelaporan keuangan namun dalam pelaksanaan perencanaan dan penganggaran saat ini aplikasi SIPPa menjadi salah satu instrumen yang substansial perannya untuk memastikan proses perencanaan anggaran dan program yang berkesinambungan, efektif dan efisien. 

Ismail menambahkan, petugas SIPPa kabupaten/kota yang diundang dalam kegiatan ini agar dapat melaksanakan proses tersebut dengan baik dan lancar, dan mengingat batas waktu

input data usulan kegiatan Tahun Anggaran 2019 yang akan berakhir pada bulan Juli 2017. 

“Semoga upaya kita bersama dalam mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan tahun 2017 dapat menghasilkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat di Provinsi Maluku ini,” tutup Ismail. (RRA/ari)