Dalam rangka mempercepat pelaksanaan tugas perencanaan bidang Cipta Karya Tahun Anggaran 2017, Randal Provinsi Aceh melaksanakan pelatihan sekaligus simulasi aplikasi Sistem Pemrograman dan Penganggaran (SIPPa) versi terbaru bidang Cipta Karya bagi operator di tingkat kabupaten/kota.


Acara yang berlangsung di Gedung PIP2B Provinsi Aceh, Selasa (11-12/07/2017) turut mengundang seluruh Satgas Randal/RPIJM 23 kabupaten/kota yang akan diberi pelatihan serta pembinaan terhadap simulasi penggunaan aplikasi SIPPa. 

PPK Randal Provinsi Aceh Astuti mengungkapkan, dalam penerapannya SIPPa memiliki mekanisme dan alur. Alur SIPPa dimulai dari tahap  user Randal Provinsi, mendaftar operator dari Satgas Randal/RPIJM Kabupaten/Kota, download aplikasi SIPPa offline dan data dari SIPPa online kemudian memasang aplikasi SIPPa offline. Kegiatan dilanjutkan dengan restore data RPIJM dan diakhiri dengan review data RPIJM, backup dan upload. Simulasi dari mekanisme inilah yang akan dibina kepada operator kabupaten/kota. 

Selain mekanisme dan alur, SIPPa juga mempunyai jadwal waktu yang sudah ditetapkan dan harus aktif dalam review dan memperbaharui data. “Oleh karena itu, Randal Aceh mengharapkan sampai dengan 25 Juli 2017, seluruh 23 kabupaten/kota sudah input data berupa matriks RPIJM 2015-2019,” kata Astuti.(dotz/randalaceh/ari)