Dalam upaya mengumpulkan data dan informasi kegiatan pembangunan infrastruktur untuk kegiatan pemantauan dan evaluasi keterpaduan program pembangunan infrastruktur PUPR di Provinsi DIY 2017, PPK Perencanaan dan Pengendalian Provinsi DIY bersama dengan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) melakukan diskusi dan kunjungan lapangan ke Proyek Strategis Nasional (PSN) Pembangunan SPAM Regional Kartamantul di Desa Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Jumat (7/07/2017).


PPK Perencanaan dan Pengendalian Provinsi DIY Tri Rahayu menyampaikan bahwa kegiatan pembangunan infrastruktur permukiman yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja Bidang Cipta Karya Provinsi DIY pada Tahun Anggaran 2017 ini sudah sesuai dengan Renstra Kementerian PUPR tahun 2015-2019 dan dokumen Rencana Program Investasi Jangka Menengah (RPIJM) Kabupaten/Kota, serta sesuai arahan Pengembangan Wilayah Strategis (PWS). 

“Untuk status pelaksanaan kegiatan Satuan Kerja di lingkungan Bidang Cipta Karya Provinsi DIY, berdasarkan data e-Monitoring online tanggal 7 Juli 2017, progres keuangan adalah sebesar 33,94% dari total pagu DIPA DIY Rp 22.906.889.000,-, dan progres fisiknya sebesar 30,28%,” kata Tri Rahayu. 

Sementara itu, Kasatker Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (PSPAM) Provinsi DIY Budi Mulyo mengatakan, SPAM Regional Kartamantul yang sumber air bakunya berasal dari Sungai Progo mulai dibangun pada tahun 2014 dengan target selesai pada tahun 2019. Ketika SPAM Kartamantul beroperasi, menurut Budi, kapasitas air yang dihasilkan mencapai 700 liter/detik dengan penerima manfaat 70.000 sambungan rumah atau 350.000 jiwa. Pasokan tersebut mencakup wilayah pelayananan Kabupaten Sleman yang terdiri dari 5 kecamatan, Kota Yogyakarta yang meliputi seluruh kecamatan, dan Kabupaten Bantul yang terdiri dari 3 kecamatan. 

Kegiatan pemantauan dan evaluasi ini diikuti oleh PPK Randal DIY, Satker PSPAM DIY dan BPIW. Acara dimulai dengan diskusi di Ruang Rapat PPK Randal DIY dan dilanjutkan kunjungan ke lokasi pembangunan SPAM Regional Kartamantul. (didik randaldiy/ari)