Dalam rangka membekali petugas pelaporan dan petugas aplikasi SAS yang berada di kabupaten/kota maka pemerintah pusat melalui Randal PIP Provinsi Sulawesi Utara mengadakan pembekalan serta pelatihan di Manado, Senin (19-21/06/2017).


Kegiatan pembekalan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Daerah Provinsi Sulawesi Utara Hengki Manumpil dan di hadiri oleh para Pejabat Inti Satker PIP beserta petugas pelaporan dan petugas aplikasi SAS dari 13 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara. 

Dalam sambutannya Hengki menuturkan Direktorat Jenderal Cipta Karya membentuk Satuan Kerja Pembangunan Infrastruktur Permukiman (PIP) dimaksudkan untuk menangani pelaksanaan kegiatan berbasis masyarakat di setiap kabupaten/kota dalam mendukung terwujudnya Gerakan 100-0-100. Pada tahun 2017 ini dukungan Infrastruktur Permukiman Berbasis Masyarakat (IBM) yang dilaksanakan kabupaten/kota berupa program Pamsimas untuk mendukung tercapainya 100% akses air minum, program KOTAKU untuk 0%  kawasan kumuh dan program Sanimas untuk 100% akses sanitasi. 

PPK Randal PIP Provinsi Sulawesi Utara Doddy Soetopo menjelaskan dalam rangka mengamati kemajuan kegiatan pembangunan yang sedang dilaksanakan, agar sasaran dapat tercapai maka diperlukan adanya pelatihan untuk petugas dalam menunjang kegiatan pelaporan dan penginputan data dari setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten/kota. Oleh sebab itu sekiranya pada kegiatan pembekalan ini para peserta dapat mengikuti setiap materi dengan baik sehingga pada saat pelaksanaan pencairan sampai dengan pelaporan dari setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh di kabupaten/kota melalui aplikasi dapat terlaksana sebagaimana yang diharapkan. (MLQ / Randal Sulut/ari)