PPK Randal Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan Rapat Keterpaduan Perencanaan Program dan Pembiayaan, Senin (15-16/05/2017) di Palembang. Adapun peserta undangan berasal dari berbagai instansi Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan yang berkaitan dengan bidang Cipta Karya. Sedangkan narasumber yang hadir yaitu para Kepala Satuan Kerja sektoral di lingkungan Ditjen Cipta Karya di Provinsi Sumatera Selatan, dan PPK Randal Wilayah I.


Wakil Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Hendrian menyampaikan, bahwa kegiatan ini perlu dilakukan mengingat tugas utama pemerintah provinsi adalah menyelaraskan RPJMD dengan RPJMN, serta menyesuaikan setiap program dan kegiatan agar sesuai dengan kemampuan pendanaan.

“Tantangan dalam perencanaan pembangunan bidang Cipta Karya antara lain terkait kriteria kesiapan yang masih belum sepenuhnya diperhatikan, misalnya terkait detail perencanaan teknis kesiapan lahan atau berubahnya lokasi dari usulan awal. Karena itu, sangat dibutuhkan komitmen bersama dalam perencanaan pembangunan ke depan, dilengkapi dengan koordinasi berkesinambungan dari berbagai pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan bidang pekerjaan umum,” kata Hendrian.

Hendrian berharap, agar pendekatan pembangunan wilayah dengan memperhatikan keunggulan setiap daerah selayaknya didahulukan. Hal ini tidak terlepas dari pemahaman bahwa majunya daerah kabupaten/kota secara keterpaduan merupakan kemajuan wilayah provinsi, yang berkontribusi terhadap kemajuan regional dan nasional. (Rima-Randal Sumsel/ari)