Dalam upaya mewujudkan Kota Berkelanjutan dan Berdaya Saing, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman (KIP) Ditjen Cipta Karya telah menyiapkan program–program unggulan yang akan membantu dan memfasilitasi Pemerintah Kota di Indonesia, salah satunya adalah program Penyusunan Dokumen RKP (Rencana Kawasan Permukiman).


Hal tersebut diungkapkan oleh Kasatker Randal Pusat Juhari Sianturi, dalam kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Penyusunan Dokumen RKP Kota Mataram, beberapa waktu lalu, di Mataram.

Sementara Walikota Mataram Ahyar Abduh mengungkapkan, pada Tahun Anggaran 2017 program RKP yang akan dijadikan pilot project hanya ditujukan bagi Kota Pontianak, Kota Banda Aceh dan Kota Mataram.

“Tentunya menjadi tantangan dan kebanggaan bahwa Kota Mataram sebagai salah satu sasaran diberikannya bantuan penyusunan dokumen RKP, karena dengan tersedianya dokumen RKP maka gambaran rencana kebutuhan sarana dan prasarana infrastruktur bidang pekerjaan umum akan terdeteksi secara jelas dan lengkap dengan prediksi kebutuhan infrastruktur dan penganggaran mulai tahun 2018-2045,” tutur Ahyar.

Lanjut Ahyar, manfaat yang akan dirasakan Pemerintah Kota Mataram tentunya memudahkan dalam menetapkan kebijakan pembangunan, target pembangunan infrastruktur lebih terarah dan terencana, dan penganggaran keuangan lebih jelas serta peluang untuk menjalin kerjasama antara Pemerintah Provinsi dan pihak swasta untuk mendukung pembangunan di Kota Mataram.(Dadang-Randal NTB/ari)