Dalam rangka persiapan usulan kegiatan tahun 2018 dan konsolidasi pelaksanaan kegiatan tahun 2017, serta evaluasi pelaksanaan kegiatan tahun 2016 bidang Cipta Karya di Provinsi Sulawesi Selatan. PPK Randal Provinsi Sulawesi Selatan melakukan Rapat Koordinasi Awal Tahun, Kamis (23/03/2017)di Makassar.


Dalam sambutannya Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan yang di wakili PPK Randal Provinsi Sulawesi Selatan Syarif Sarebong mengatakan, sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka kewenangan infrastruktur diatur secara bersama, baik secara program maupun pendanaan. Dana Daerah Urusan Bersama (DDUB) merupakan wujud responsibilitas kabupaten/kota untuk mendukung serta bersinergi terhadap program pembangunan yang bersumber dari APBN khususnya di bidang Cipta Karya. DDUB sangat dibutuhkan agar kegiatan APBN ataupun APBD tidak berjalan secara partial, namun berjalan secara terpadu. 

“Direktorat Jenderal Cipta Karya telah menyusun dan menetapkan sasaran program yang dicapai dalam kurun waktu 2015-2019, yaitu terpenuhinya penyediaan air minum 100% untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, terpenuhinya kebutuhan hunian yang dilengkapi sarana dan prasarana pendukung menuju Kota Tanpa Kumuh, terpenuhinya penyediaan sanitasi 100% untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, dan tersusunnya Perda Bangunan Gedung 100% di seluruh kabupaten/kota,” kata Syarif. 

Selain itu Pemerintah Provinsi yang difasilitasi oleh Satker Randal Provinsi Sulsel telah menyusun Rencana Aksi Daerah sebagai tindak lanjut arahan yang tertuang dalam RPJMN, dan Renstra Kementerian PUPR, dimana dalam RAD telah dibuat target pencapaian layanan air minum 100%, pengurangan kawasan kumuh menjadi 0% dan layanan sanitasi yang layak 100% di tahun 2019. 

“Rapat koordinasi awal tahun  ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi dan mempertegas kembali fungsi, peran dan kewenangan seluruh level pemerintahan dalam rangka mendukung Gerakan 100-0-100, serta untuk penyiapan kegiatan 2018 dan dalam rangka sosialisasi sistem informasi manajamen evaluasi kinerja. Untuk itulah kami minta perhatiannya dan keseriusannya dalam mengikuti rapat koordinasi ini  sehingga apa yang kita harapkan bersama dapat tercapai,” tutur Syarif. (Jml/Abr Randal SulSel/ari)