PPK Randal PIP Provinsi Maluku Utara menggelar Rapat Koordinasi Awal Tahun, Rabu (22/2016) di, Kota Ternate. Gubernur Maluku Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Santrani Abusama.


Output dari rapat kordinasi ini harus mampu merancang perencanaan dan konsolidasi database sebagai   persiapan daerah untuk pelaksanaan Pra-Konreg dan Konreg Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat, serta Musrenbangnas,” ujar Santrani. 

Santrani menyampaikan, penyusunan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan harus disiapkan secara lebih cerdas, terencana, dan terpadu sesuai dengan kaidah pembangunan berkelanjutan. Untuk mewujudkan hal ini, maka Satker Randal PIP dibentuk untuk mengawal proses pembangunan infrastruktur permukiman agar tetap sesuai dengan koridor yang ditetapkan mulai dari proses perencanaan, pemrograman dan penganggaran. 

Kegiatan ini diikuti oleh 38 peserta yang berasal dari Satker sektoral, serta perwakilan SKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota diMaluku Utara. Selain itu, hadir pula Kasubdit Perencanaan dan Kemitraan Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk sinkronisasi data usulan kegiatan tahun 2018 yang ada di aplikasi SIPPa dengan kabupaten/kota serta Satuan Kerja Sektoral yang nantinya akan dilanjutan pada kegiatan pra Konreg. 

Selanjutnya, guna mencapai hasil yang diharapkan, metode Rakor ini dikelola dengan model penyampaian materi dari berbagai pihak yang berasal dari kementrian PUPR, Pemerintah Provinsi, Sektoral, serta Konsultan Individual. Dengan metode ini, Rakor dipastikan terlaksana dengan baik.(Randal Maluku Utara/ari)