Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku Utara Fasri Bachmid melakukan Tinjauan langsung ke lokasi Bencana di Kabupaten Halmahera Selatan Bersama Tim Tanggap Darurat BPPW Maluku Utara (15/7/2019).


Gempa Bumi berkekuatan 7,2 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Halmahera Selatan, Minggu ( 14/7/2019) pukul 18.10 WIT.

Pusat Gempa Berada di 0.59 LS dan 128.06 BT pada kedalaman 10 Km. Lokasi gempa berada sekitar 62 Km Timur Laut labuha, Maluku Utara; 104 Km Tenggara Weda, Maluku Utara.

Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku Utara segera mengambil tindakan yang di pimpin langsung oleh Kepala BPPW Maluku Utara bersama Tim Satgas Tanggap Darurat untuk langsung terjun ke lokasi Bencana di Kabupaten Halmahera Selatan.

Kepala BPPW Maluku Utara Fasri Bachmid di tengah – tengah persiapan menuju ke lokasi bencana, mengatakan bahwa BPPW Maluku Utara sudah melakukan koordinasi dengan unit Strategis Tanggap Darurat Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR terkait bencana yang terjadi di Kabupaten Halmahera Selatan. Pada hari ini akan di upayakan untuk pengiriman mobil Estrada bantuan dari Kementerian PUPR melalui Sulawesi Selatan.

Fasri menambahkan, perjalanan ke lokasi yang akan di tempuh pada hari ini melalui jalur darat sangatlah sulit karena lokasi yang terdampak sebarannya cukup banyak, sehingga untuk titik pertama yang dituju adalah di desa saketa yaitu merupakan ibu kota kecamatan Gane Barat Halmahera Selatan, selanjutnya akan berkoordinasi dengan kapolsek setempat untuk mengambil langkah – langkah strategis. 

Tim yang berangkat pada tahap pertama tediri dari 13 orang dengan membawa perlengakapan seperti Mobil Tank Air Bersih, Tenda Darurat, Toilet Darurat, Profil Tank, Genset, GPS, Sembako, sebenarnya bantuan awal ini masih cukup kurang, tapi kami tetap akan melakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR ungkap fasri. (tatik/maya/BPPW Maluku Utara)