Menindaklanjuti Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pambangunan 11 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Utara (BPPW Kaltara) koordinasikan PLBN yang akan dibangun di Long Nawang, Kabupaten Malinau. Turut hadir Bupati Malinau Yansen TP, Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau Ernes Silvanus serta pejabat di lingkungan BPPW Kaltara. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Malinau, Selasa (02/07/2019).


Yansen mengatakan sangat bersyukur dengan adanya bantuan Pemerintah Pusat dalam pembangunan PLBN di Kabupaten Malinau. “Ini merupakan harga diri Bangsa,” tutur Yansen. Ada sekitar 100 ha lahan yang kami siapkan untuk pembangunan PLBN di Long Nawang. Kami harap, PLBN yang akan dibangun, direncanakan secara terpadu agar memudahkan masyarakat dalam menggunakan PLBN,” kata Yansen.

Sementara itu, Kepala BPPW Kaltara Dony Fitriandy mengatakan dalam pembangunan PLBN Long Nawang dilaksanakan secara multiyears karena waktu pelaksanaan pembangunan tidak dapat diselesaikan dalam satu tahun anggaran.

“Kami butuh dukungan dari Pemerintah Kabupaten Malinau, khususnya kepada Bupati Malinau, agar memberikan masukan sehingga sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Daerah dapat menyatukan persepsi dalam membangun PLBN Long Nawang,” tutup Dony. (hajar/bppwkaltara/ari)