Para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman (KIP) Direktorat Jenderal Cipta Karya diajak memahami unit organisasi tempat mereka bekerja. Pemahaman terhadap organisasi sebagai kunci untuk melakukan evaluasi, baik kinerja pelaksanaan program maupun Sumber Daya Manusia yang melaksanakannya.


Sebanyak 34 CPNS Direktorat KIP mendapatkan paparan tentang unit organisasi Direktorat Jenderal Cipta Karya dalam diskusi Coffee Morning pada Senin (20/5) di Ruang Rapat Yudistira Gedung Cipta Karya. Coffee Morning sebagai wadah pembinaan yang dikemas dalam suasana santai tersebut mengupas salah satu tugas fungsi Direktorat KIP, yaitu Pemantauan dan Evaluasi.

Diskusi dipimpin Kepala Sub Direktorat Pemantauan dan Evaluasi, Ir. Joerni Makmoerniati, M.Sc, didampingi Kepala Seksi Pemantauan dan Evaluasi II, Adhika Paratma Wisesa, ST. M.Eng.

Diskusi diawali dengan pengenalan sejarah organisasi Kementerian PUPR, Unit Organisasi Ditjen Cipta Karya, hingga struktur organisasi pada Subdit PE. Sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR Nomor 3 Tahun 2019, tugas yang diemban Subdit PE adalah melaksanakan pemantauan dan evaluasi kinerja keterpaduan program pembangunan infrastruktur permukiman. Kegiatan yang dilakukan pada Tahun Anggaran 2019 di antaranya Evaluasi Kinerja Program Ditjen Cipta Karya dan Evaluasi Capaian Renstra Ditjen Cipta Karya Tahun 2015-2019.

“Kita tidak dapat melakukan evaluasi kalau kita tidak mengenal organisasinya. Dengan memahami struktur organisasi, SDM dapat mengetahui posisi, peran dan tanggung jawab setiap jabatan,” ungkap Joerni.

Joerni menambahkan, selain memahami organisasi juga diperlukan pengetahuan dan kompetensi terkait statistik, penelaahan tehadap isu, serta kemampuan menulis. Kemampuan tersebut menjadi modal bagi SDM yang bertugas di Subdit PE.

Salah satu kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh Subdit PE adalah melaksanakan evaluasi SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) di lingkungan Ditjen Cipta Karya. Sementara tools yang digunakan untuk mendukung kegiatan pemantauan dan evaluasi adalah SIMEKA (Sistem Informasi Manajemen Evaluasi Kinerja) yang dikelola oleh Subdit PE.

Kegiatan diskusi Coffee Morning yang diselenggarakan Direktorat KIP masih menyisakan tiga Sub Direktorat lainnya. Diskusi selanjutnya akan dilaksanakan pada Jumat (24/05) yang kan mengupas tugas dan fungsi Sub Direktorat Keterpaduan Perencanaan dan Kemitraan. (Fahreza, Nadiyatul, Edo, Furqon, Silva, Ayu)