Sebanyak 34 CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) angkatan tahun 2018 yang melaksanakan On the Job Training (OJT) di Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman, Direktorat Jenderal Cipta Karya, mengikuti kegiatan Diskusi Pagi (Coffee Morning) pada Selasa 14 Mei 2019 di Ruang Rapat Yudhistira Gedung Cipta Karya.


Penyelenggaraan Data dan Sistem Informasi disampaikan oleh Kepala Sub Direkotrat Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Sri Moerni E. K, didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Data, Elkana Catur Hardiansah, dan Kepala Seksi Pengembangan Sistem Informasi, Irwan Leo P. Harahap. Sri Murni Edi yang dikenal dengan panggilan Ibu Etni menyampaikan bahwa CPNS akan menjadi generasi penerus Kementerian PUPR sehingga dituntut untuk memahami urgensi data dan sistem informasi di era Revolusi Industry 4.0 dalam hal pelayanan infrastruktur dasar permukiman kepada masyarakat.

 

“Data yang valid, update, dan akurat diperlukan untuk melakukan perencanaan, pemrograman, dan pengawasan pelaksanaan serta evaluasi dan monitoring. Mantan Sekjen, Bapak Agoes Widjanarko, pernah menyampaikan bahwa apabila ingin menjadi lebih unggul dan memahami pekerjaan, kuasailah data,” ujar Ibu Etni.

 

Ibu Etni menambahkan, saat ini Direktorat Jenderal Cipta Karya mengelola tiga jenis data, yaitu Data Literal (statistik), Data Spasial, dan Data Audiovisual. Dalam rangka melaksanakan kebijakan Satu Data, semua jenis data sudah harus terstandar dan satu portal dalam Data Warhouse (DWH) yang sudah dibangun Ditjen Cipta Karya untuk dapat dibagipakaikan dengan unit organisasi lain melalui sistem informasi.

 

Ditjen Cipta Karya juga telah berhasil mengembangkan sistem informasi untuk efisiensi pelayanan dan efektivitas pekerjaan. Contohnya Sistem Kehadiran (SIKADIR) untuk meningkatkan kedisiplinan melalui kehadiran. Sedangkan untuk menjamin kelancaran komunikasi data juga telah didukung dengan perangkat jaringan yang sudah terpasang di 34 provinsi dengan dikontrol secara online menggunakan aplikasi Monitoring Control Device (MCD).

 

Diskusi Pagi dilaksanakan selama masa OJT bagi para CPNS Kementerian PUPR 2018. Tidak hanya dilakukan pemaparan searah, namun diadakan sesi tanya jawab yang interaktif. Dalam forum tersebut diharapkan CPNS Kementerian PUPR lebih memahami tugas dan fungsi serta produk kegiatan yang ada di setiap unit Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman. (Hero)