Unit Kerja Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman Provinsi Jawa Tengah menggelar rapat Penajaman Program Pembangunan Infrastruktur Permukiman Tahun Anggaran 2019 di Kantor Satuan Kerja Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (PSPAM) Provinsi Jawa Tengah, Selasa (04/09/2018).


Kegiatan ini dihadiri oleh Bappelitbangda Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah dan Satker sektor bidang Cipta Karya di Provinsi Jawa Tengah. Rapat tersebut dibuka oleh Tia Hetwisari selaku PPK Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman Provinsi Jawa Tengah dan dipimpin oleh Sihombing Aryananda selaku Koordinator Satker Provinsi Jawa Tengah.

“Terkait usulan kegiatan Tahun Anggaran 2019 untuk lebih dipertajam bersama readiness criteria dan sinkronisasi data capaian program air minum dan sanitasi,” tutur Arya saat memimpin rapat.

Salah satu tujuan dari diadakannya rapat penajaman program pembangunan infrastruktur permukiman TA 2019 untuk mengidentifikasi isu strategis bidang Cipta Karya di Provinsi Jawa Tengah dan melakukan koordinasi terkait target dan capaian layanan 100-0-100 bidang air minum, sanitasi dan pengurangan kawasan permukiman kumuh sampai dengan tahun 2017. Isu strategis bidang Cipta Karya tersebut, diantaranya peningkatan cakupan pelayanan, peningkatan cakupan pelayanan infrastruktur air minum dan sanitasi, peningkatan kualitas permukiman, penataan bangunan dan lingkungan kawasan strategis dan dukungan infrastruktur permukiman untuk kawasan strategis.

Dari diadakannya rapat tersebut, tidak hanya membahas mengenai penajaman program pembangunan infrastruktur permukiman TA 2019, melainkan juga menindaklanjuti hasil pelaksanaan Rapat Kerja Terbatas Kementerian PUPR tanggal 7-8 Agustus 2018. Sehingga perlu dilakukan konsolidasi serta sinkronisasi antara Satker bidang Cipta Karya di provinsi, Pemerintah Provinsi dan instansi terkait lainnya mengenai kegiatan pembangunan bidang Cipta Karya untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan kegiatan Cipta Karya, kualitas perencanaan pemrograman kegiatan Cipta Karya TA 2019 dan penyiapan program TA 2020-2024 di Provinsi Jawa Tengah. (AYS_randaljateng/ari)