Dalam rangka penyelenggaraan bidang infrastruktur permukiman berbasis masyarakat, Direktorat Jenderal Cipta Karya membentuk Satuan Kerja Pembangunan Infrastruktur Permukiman (PIP) yang menangani pelaksanaan kegiatan berbasis masyarakat di Kabupaten/Kota dalam mendukung Gerakan 100-0-100. Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut, Unit Kerja Randal PIP Provinsi Kaltara menggelar Pembinaan Teknis Petugas Pelaporan (e-Monitoring) dan SAS, sesuai ketentuan Peraturan Menteri PU No. 14/PRT/M/2011, dan dihadiri Dinas PUPR-Perkim Provinsi Kaltara, Kasatker Sektor Bidang Cipta Karya, Satker PIP Kab/Kota dan Randal Pusat di Tarakan, Selasa (17/07/2018).


Kepala Dinas PUPR-Perkim Provinsi Kaltara yang diwakili Kasatker PSPLP Kaltara Raymond Kodoati mengatakan, Satuan Kerja berkewajiban melaksanakan pelaporan progres pelaksanaan kegiatan yang up-to-date dan berkelanjutan, baik pelaporan progres keuangan maupun fisik.

“Oleh karena itu, demi kelancaran pelaporan progres keuangan dan fisik Satker PIP kabupaten/kota, maka diperlukan pembinaan teknis kepada petugas pelaporan (e-Monitoring Reguler dan DAK) untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman petugas yang ditunjuk dalam mengawal dan menjalankan program infrastruktur berbasis masyarakat ini,” tutur Raymond.

Sementara itu, PPK Randal PIP Provinsi Kaltara Asmirandi mengatakan, sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah tersosialisasikannya kebijakan terkait kegiatan pelaporan progres melalui aplikasi e-Monitoring Reguler dan DAK, serta terwujudnya pemahaman dan keterampilan petugas pelaporan Satker PIP Kabupaten/Kota yang ditunjuk untuk menggunakan aplikasi e-Monitoring Reguler dan DAK yang wajib digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pelaporan realisasi keuangan dan kemajuan fisik.

“Saya berharap kepada peserta agar mempelajari dan memahami materi yang disampaikan oleh pemateri demi tertibnya segala bentuk pelaporan, baik fisik maupun keuangan,” tutup Asmirandi. (hajar/randalkaltara/ari)